Mengenal Terapi Laser Dingin –  (LLLT) Low Level Laser Therapy

LLLT atau yang sering disebut Terapi Laser Dingin, adalah terapi laser dengan menggunakan intensitas cahaya rendah untuk melakukan penyembuhan.LLLT tidak seperti laser yang digunakan pada operasi bedah atau metode estetika, yang bisa membuat jaringan sel kita terbakar.

Terapi Laser dingin atau LLLT adalah terapi laser berdaya rendah (LPLT) atau soft laser. Di luar negeri khusus nya di benua eropa dan amerika, terapi ini LLLT ini juga sering di sebut dengan Terapi Laser, Terapi Biostimulation atau Photobiomodulation.

Bagaimana Terapi Laser LLLT Bekerja ?

Cahaya laser dengan tingkat rendah akan di sorot langsung ke area yang bermasalah. Jaringan tubuh akan menyerap cahaya yang diarahkan tersebut. Saat terjadinya pencahayaan tersebut, akan terjadi proses perubahan reaksi kimia seperti berubah menjadi warna merah ketika laser berwarna merah digunakan. Sel yang rusak, akan beraksi untuk meregenerasi sel secara cepat dan otomatis.

Panjang gelombang akan memberikan hasil yang berbeda pada hasil yang dikeluarkan. Hal ini akan disesuaikan bergantung pada tujuan terapi yang digunakan. Secara umum, untuk mengobati jaringan yang dangkal akan digunakan panjang gelombang berada diantara 600-700 Nanometer (nm). Untuk penetrasi yang lebih dalam, akan digunakan 780-950 Nanometer.

dr Lenny Tan Sebagai Dokter yang Melakukan Pertemuan Diskusi Langsung dengan dokter Weber Salah satu Penemu Alat Terapi Laser Dingin

dr Lenny Tan Sebagai Dokter yang Melakukan Pertemuan Diskusi Langsung dengan dokter Weber Salah satu Penemu Alat Terapi Laser Dingin

Selama prosedur terapi laser dingin (LLLT) ini. Anda akan merasakan alat yang menempel pada kulit Anda. Namun hal ini tidak akan menciptakan panas, suara, bau, ataupun getaran. Dan yang mungkin Anda ingin tahu, apakah terapi laser dingin LLLT menimbulkan rasa sakit? Dan jawabannya adalah tidak. Kebanyakan satu kali terapi pengobatan LLLT akan memakan waktu berkisar 10-30 menit.

Meski cahaya yang dihasilkan terlihat seperti senter kecil mainan, alat atau generator ini sudah sering digunakan pada banyak negara di benua amerika dan eropa. Tidak hanya dokter spesialis, para terapis fisik pasien yang cacat menggunakan Terapi laser dingin (LLLT) untuk banyak manfaat. Mulai dari meredakan nyeri radang otot sampai menyembuhkan kanker.

Manfaat LLLT atau Terapi Laser Dingin Bagi Kesehatan

Secara garis besar Terapi Laser Dingin Atau Low Level Laser Therapy (LLLT) ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah

1. Luka Ringan & Otot Terkilir
Olahragawan aktif serta terapi fisik bisa menggunakan Terapi Laser Dingin ini dalam pengobatan cedera ringan seperti otot terkilir akibat kecelakaan kecil yang terjadi saat beraktifitas. Selain menyembuhkan, terapi laser dingin ini bisa membantu mengurangi pembengkakan serta mengobati sendi dan jaringan lunak yang rusak.

2. Mengobati Peradangan (Inflamasi)

Dokter gigi di negara Amerika biasa menggunakan terapi laser dingin ini untuk mengobati jaringan yang meradang pada mulut pasien. Banyak dokter juga menggunakannya untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh arthritis (Arthritis adalah Pasien dengan pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan) dan penyakit autoimun kronis lainnya.

3. Sakit dan Nyeri

Di Indonesia khususnya jakarta, sekarang sedang marak muncul klinik nyeri yang khusus mengobati nyeri dan penyakit kronis pada bagian tubuh pasien misalnya tulang belakang. Namun di Amerika, hampir semua tempat terapi pijat menyediakan terapi laser dingin sebagai tambahan service mereka.

4. LLLT (Low Level Laser Therapy) untuk Peremajaan Kulit

Terapi laser dingin ini juga sering digunakan sebagai terapi untuk meremajakan kulit. Para dokter ahli kulit dermatologis menggunakan terapi ini untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti bisul, luka bakar, radang kulit (edema) dan ruam (dermatitis.)

5. Penyembuhan Luka

Terapi Laser Dingin (LLLT) sering digunakan untuk melakukan penyembuhan luka berat, termasuk luka yang berhubungan dengan luka diabetes (gangrene)

6. Akupunktur

Bagi pasien yang tidak nyaman dengan jarum tradisional Akupunktur, Terapi laser dingin bisa menjadi solusi bagi mereka. Sebuah solusi bagi pasien yang tidak menginginkan rasa sakit, namun dengan keuntungan yang lebih baik daripada akupunktur tradisional.

Potensi penggunaan terapi laser dingin terhadap sebuah penyakit hampir tak terbatas. Saat ini teknologi yang sedang diterapkan dari penggunaan LLLT ini sudah merambah ke dalam fungsi otak, salah satunya adalah menyembuhkan luka trauma otak, cedera tulang belakang serius, serta pasien yang memiliki penyakit degenratif tingkat lanjut (parah/kronis). Tidak hanya sampai disitu, para peneliti dan penemu laser weber saat ini sedang mempelajari penggunaan laser dingin ini untuk menyembuhkan Alzheimer dan penyakit parkinson.

Apakah Terapi Laser (LLLT) ini Aman Digunakan?

Terapi laser dingin adalah sebuah terapi yang berkembang dari kegiatan medis konvensional dan tradisional akupunktur, yang di usung dengan teknologi modern dengan catatan riset dunia kedokteran selama puluhan tahun. Terapi laser dingin ini merupakan salah satu dari sebuah keajaiban dalam sebuah kecerdasan manusia yang diciptakan Sang pencipta. Saat ini LLLT atau Terapi Laser Dingin Weber sudah mengantongi Izin dari FDA yaitu organisasi di Amerika serikat yang meneliti dan memiliki mandat untuk mereview, moderasi semua produk yang beredar. Baik itu makanan, minuman. Secara khusus metode pengobatan.

Diyakini, bahwa keberadaan alat ini di Indonesia, masih bisa dihitung oleh jari dalam tangan Anda. Dengan tenaga yang sudah terampil, serta bersertifikasi Terapi laser dingin bisa menjadi salah satu jalan keajaiban untuk Anda dalam meraih kesembuhan untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Salah satu kelemahan yang mungkin ada bagi pengobatan terapi laser dingin ini adalah waktu. Konsep pengobatan eropa Start Low, Go Slow yang di asuh klinik kami terhadap aplikasi penggunaan metode pengobatan ini akan membutuhkan waktu perawatan yang tidak bisa diraih secara instan.

Waspada Terapi Laser Dingin Murah Yang Beredar di Pasaran

Yang terutama sebagai bahan pertimbangan Adalah sebuah perangkat yang mengeluarkan laser akan memberikan jenis serta manfaat yang berbeda-beda. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa membuktikan klaim yang mereka buat. Hal kedua yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan, jika seseorang memberikan janji yang terlalu berlebihan, dengan tanpa memberikan pertimbangan khusus baik itu keuntungan dan kerugian Anda mungkin bisa mulai menanamkan rasa curiga, If something to good to true, its Aint!

Mesin Generator Terapi Laser Dingin Weber

Mesin Generator Terapi Laser Dingin Weber

Beberapa klaim terapi hasil dari pengobatan produk yang sering dibuat adalah menurunkan berat badan, berhenti merokok, menumbuhkan rambut. Beberapa produk lain juga melakukan klaim kesembuhan terhadap penyakit migraine, tekanan darah tinggi, menghilangkan keriput pada wajah/kulit. Dan banyak dari hal diatas tidak bisa di buktikan.

Penelitian dalam efektifitas serta keamanan dari terapi laser dingin ini masih terus berlangsung. Jika Anda memiliki gangguan penyakit yang berhubungan dengan benefit terapi laser dingin, Anda bisa menghubungi customer service klinik kami untuk membuat janji temu konsultasi.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.