Pengobatan Tumor Jinak/Ganas Dengan Terapi Photodynamic (PDT)

Semakin berkembangnya teknologi, menuntut manusia untuk bisa berperilaku cepat. Hal ini yang merubah zaman hingga membuat banyak masyarakat lebih suka semua hal yang berbau instan. Jaman dimana makanan sehat tidak lagi digemari, sebuah gaya hidup yang berubah untuk menyukai fast food, makanan dalam kaleng. Hal-hal tersebutl diatas mengakibatkan banyak masalah kesehatan timbul, salah satunya adalah tumor. Tumor di kategorikan sebagai penyakit mematikan, karena jika terlambat di obati bisa menjadi pintu masuk penyakit lain yang lebih parah yaitu kanker.

Mengenal Tumor Lebih Dekat

Secara ilmiah, tumor adalah sel yang timbul dalam ketidak wajaran. Sel tersebut bisa menjadi benjolan yang timbul atau tumbuh di dalam maupun di luar tubuh. Hal ini mengakibatkan pembengkakan, benjolan abnormal dalam tubuh yang dikareankan reaksi sel-sel dalam tubuh yang diambang batas kewajaran sehingga menganggu kinerja tubuh dalam keadaan normal. Seiring waktu, keadaan tumor yang sangat parah bisa merusak jaringan tubuh dan organ inangnya.

Jenis-jenis Tumor

Seperti yang dikatakan diatas. Tumor adalah bagian dari tubuh manusia. Tumor adalah sel yang berkembang secara tidak wajar, dan tidak memiliki fungsi seperti yang organ tubuh manusia miliki seperti sewajarnya. Pada beberapa kasus, Tumor dianggap sebagai benalu, karena sel ini membutuhkan makanan juga. Secara kharafiah, tumor atau benjolan abnormal dibedakan menjadi dua:

  1. Tumor Jinak

Penyakit tumor jinak, benjolan yang ada di dalam tubuh ataupun dipermukaan kulit tubuh dengan ukuran kurang lebih 2cm, dikatakan jinak karena tumor ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat dan tidak bisa merusak jaringan lain didalam tubuh, penanganan yang tepat akan membuat penyakit ini bisa teratasi dengan mudah.

  1. Tumor Ganas
Tumor jinak tidak dapat bermetastasis. Tumor ganas dapat bermetastasis jauh dari situs tumor asli.

Tumor jinak tidak dapat bermetastasis. Tumor ganas dapat bermetastasis jauh dari situs tumor asli.

Lain halnya dengan penyakit tumor ganas, pertumbuhannya sangat agresif, pertumbuhannya yang terlalu agresif bisa merusak jaringan dalam tubuh, terutama pada organ inangnya. Misalnya saja tumior yang terletak di payudara, tidak hanya ada benjolan namun bisa merusak jaringan sel pada payudara dan harus diangkat.  Selain itu tumor ganas bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang lebih ganas, seperti kanker.

Pengobatan Untuk Tumor Selain Kemoterapi

Tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah operasi pengangkatan tumor yang ada ditubuh pasien. Namun untuk tumor ganas biasanya sel-sel tumor baru akan tumbuh di organ tubuh lainnya. Pada jenis tumor ganas, hal ini sering menjadi “Pekerjaan Rumah” yang sulit dikerjakan. Jalan keluar yang ditawarkan adalah meminum obat kimia yang keras, serta penggunaan kemoterapi yang sudah pasti sangat menyakitkan.

Inovasi terbaru datang dari Jerman, Terapi photodynamic (PDT) adalah salah satu pendekatan pengobatan yang paling menjanjikan dalam terapi berbagai penyakit kanker maupun tumor ganas . Prinsipnya kerjanya adalah melakukan stimulasi kepada sebuah zat yang sensitif terhadap cahaya dengan menggunakan dasar klorofil alami (fotosintetis) yang diberikan ke dalam aliran darah intravena dan (atau) disuntikkan secara lokal ke tumor. Hasil fotosintetis ini menghasilkan sebuah sel baru yang mengikat semua jenis bagian dalam organisme sel tumor dengan spesifisitas yang sangat tinggi.

Setelah melakukan stimulasi dengan (laser) cahaya, akan terjadi proses elmininasi, pembuangan, pengurangan sel tumor melalui pembentukan radikal oksigen yang aktif. Terapi ini sangatlah efisien karena tidak akan membuat sistem dalam tubuh terkena efek yang negatif, terapi ini juga diperkuat dengan laser intravena setelah pengobatan, dimana ada efek imunisasi sekunder tambahan terapi photodynamic (PDT-imunisasi), untuk membuat tubuh tidak lemas. Terapi ini sudah terbukti tidak berbahaya karena mengadaptkasi terapi tradisional, hanya dikembangkan dengan tekhnik yang lebih modern untuk mempermudah dan meminimalisir rasa sakit yang dialami penderita.

Proses Terapi Photodynamic Untuk Pengobatan Tumor

Langkah awal, penderita akan di sinari sinar laser yang sejajar selama 30 menit dengan panjang gelombang serapan yang sesuai (660 nm). Terapi ini akan menggunakan menggunakan laser dingin yang berwarna hijau selama 30 menit, laser hijau berfungsi untuk sesi iradiasi darah dengan simultan infus intravena oksigen (Oxygen perangkat, Jerman), dan dilanjutkan dengan sesi iradiasi laser biru 30 menit.

Untuk penyakit tumor tertentu, para dokter sering menggunakan paralel kemoterapi dosis rendah , dimana kemoterapi, seperti 5-FU atau Cis-Platin, juga memiliki efek photosensitiser. Menggunakan laser stimulasi intravena, dengan dosis rendah, dan tidak memberikan tekanan besar pada sistem kekebalan tubuh. Menganut onkologi tradisional namun dengan cara laser yang lebih modern. Sekitar 3,5 jam setelah injeksi chlorin, kemudian tumor akan disinari secara langsung. Tumor yang letaknya terlalu dalam, chlorin dapat juga disuntikkan langsung ke tumor (idealnya dipandu oleh USG), biasnaya cara ini digunakan untuk pendertia tumor gastrointestinal (esofagus, lambung atau kanker usus) dapat diobati dengan tepat menggunakan endoskopi.

Biaya Pengobatan Alternatif Tumor Jinak & Ganas

Pada dasarnya Terapi Photodynamic atau PDT ini menawarkan kesempatan yang lebih besar daripada kemoterapi. Di Indonesia sendiri, terapi ini masih sangat jarang, karena alat yang digunakan masih tergolong mahal. Hal ini yang membuat sangat sedikit praktisi kesehatan yang menggunakan teknologi ini. Terapi PDT ini sudah mendapatkan izin untuk beredar di Amerika Serikat sejak tahun 2006.

Biaya dan pengobatan untuk teknologi modern yang baik untuk menyingkirkan penyakit tumor ini bisa sangat bervariasi. Hal ini bergantung kepada jenis tumor, keadaan tumor saat dibawa, serta keadaan pasien yang mengidap penyakit tumor ini. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar prediksi biaya yang dikeluarkan, Anda bisa menghubungi customer services kami untuk melakukan konfirmasi untuk membuat janji temu dengan dokter. Adalah penting untuk membawa semua hasil rekam medis terakhir, agar konsultasi bisa berjalan dua arah dan quotation yang diberikan akan semakin kompleks sesuai dengan kondisi pasien.

 

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.