Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke Sekarang Juga!

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang datang secara mendadak dan tak ayal dapat membawa penderitanya pada kematian. Tidak sedikit juga yang mengalami cacat fisik permanen, ringan maupun berat, setelah melewati masa-masa kritis dalam penyakit stroke. Karena inilah, penting sekali untuk mengenal penyakit ini sejak ini. Yuk simak penyebab dan gejala penyakit stroke dalam informasi berikut ini!

Hal-Hal yang Menjadi Penyebab Penyakit Stroke

Pada umumnya, penyakit stroke disebabkan oleh dua faktor pemicu. Diantara lainnya adalah:

  1. Faktor Pemicu dari Gaya Hidup – Stroke seringkali disebabkan oleh perilaku dan kebiasaan hidup yang tidak baik, seperti merokok, gemar mengonsumsi minyman bersoda dan beralkohol, kurangnya kontrol emosi, jarang bergerak, dan kebiasaan makan junk food.
  2. Faktor Pemicu Medis – Sebagian kasus stroke dibarengi dengan adanya hipertensi, arteriosklerosis, kolesterol tinggi, diabetes, dan gangguan jantung. Namun faktor keturunan dan riwayat stroke dalam keluarga dapat berpengaruh.

Apa Sajakah Gejala Stroke?

Stroke merupakan penyakit yang bisa muncul pada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Terkadang, stroke muncul tanpa ada satupun gejala awal yang menyertainya. Tanpa pasti bahwa seseorang menderita penyakit stroke adalah adanya defisit neurologis selama lebih dari 24 jam. Defisit neurologis ditandai dengan tanda-tanda berikut ini:

  • Defisit Neurologis Fokal – Terjadinya kerusakan pada serabut-serabut saraf motorik yang bertugas dalam mengatur pergerakan otot di tubuh. Hal ini menyebabkan bentuk wajah menjadi asimetris, artikulasi bicara yang tidak jelas, dan kelemahan pada tungkai dan lengan yang biasanya menyerang satu sisi tubuh.
  • Defisit Neurologis Global – Gangguan yang terjadi pada area otak yang bertugas dalam mengatur kesadaran. Kerusakan yang terjadi dapat berupa pembekuan darah dalam tengkorak.

Bila hal tersebut berlangsung kurang dari 24 jam, maka kondisi tersebut tidak dapat dikatakan stroke melainkan TIA (Transient Ischemik Attack) atau stroke ringan.

Metode FAST untuk Mengenali Gejala Penyakit Stroke

Penyakit stroke termasuk ke dalam penyakit neurologi (saraf). Penyakit ini bisa saja menyebabkan cacat permanen atau kematian bila tidak segera ditangani dengan segera. Diperlukan peran keluarga dalam mendeteksi gejala penyakit stroke. Ada istilah “time is brain” dalam kasus penyakit stroke, artinya adalah semakin banyak kerusakan jaringan otak yang terjadi jika penanganannya terlambat.

Berikut ini adalah penanganan untuk mengenali gejala penyakit stroke yang disebut dengan FAST.

  • Face – Mulai dari pemeriksaan wajah. Apakah wajah penderita masih terlihat simetris?
  • Arms – Mintalah penderita untuk mengangkat kedua tangannya secara sejajar ke depan dan tahan selama beberapa detik. Apakah salah satu tangannya ada yang turun? Atau mungkin penderita hanya dapat mengangkat satu tangan?
  • Speech – Bujuklah penderita untuk mengikuti apa yang Anda katakan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kalimat yang mengandung banyak huruf konsonan R. Apakah cara bicara penderita kurang jelas dan terdengar cadel?
  • Time – Begitu menemukan semua gejala-gejala penyakit stroke di atas, Anda harus bersikap sigap dan jangan sampai membuang banyak waktu. Segera hubungi atau bawa penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang sepantasnya.

Demikianlah sedikit informasi seputar penyebab dan gejala penyakit stroke yang rasanya penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.