Radang Usus Buntu Appendicitis

Radang usus buntu adalah kondisi penyakit yang menyebabkan usus buntu mengalami peradangan, sering kali disebut sebagai penyakit usus buntu. Usus butuk atau disebut pula sekum adalah istilah anatomi untuk suatu kantung yang terhubung dengan usus penyerapan dan juga bagian kolon menanjak dari usus besar. Usus buntu disebut sebagai Appendix vermiformis dalam bahasa Latin. Usus buntu berperan aktif sebagai organ imunologik dan dalam proses sekresi immunoglobulin yakni suatu bentuk kekebalan tubuh yang punya kelenjar limfoid.

Namun, kerja usus buntu bisa mengalami gangguan apabila terjadi penyakit radang usus buntu yang membuat usus buntu rentan pecah sehingga butuh penanganan medis segera. Radang ini dinamakan Appendicitis. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang begitu penyakitkan, apa saja tanda-tanda awal terjadinya radang usus buntu?

Tanda-tanda Radang Usus Buntu

Nyeri pada bagian pusar

Gejala awal radang usus buntu adalah timbulnya rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian pusar. Tidak hanya sampai di situ, rasa nyeri tersebut juga menjalar sampai ke perut bagian bawah.

Sakit perut yang menyiksa

Awalnya rasa sakit yang dialami biasa saja yang mungkin hanya dianggap sakit perut ringan namun secara bertahap rasa sakit semakin menyiksa. Gejala usus buntu meradang ini bisa terjadi dalam kurun waktu beberapa jam sehingga mengganggu aktivitas.

Demam

Radang usus buntu juga pada umumnya diawali dengan demam biasa saja serta sakit perut. Namun semakin parah penyakitnya maka demampun semakin naik.

Mual-mual dan muntah

Tanda radang usus buntu berikutnya adalah mual dan muntah.

Diare

Pada kebanyakan kasus radang usus buntu, sakit perut yang dirasakanpun disertai diare ringan.

Perut kembung

Perut kembung yang dialami oleh seseorang yang dideteksi mengidap radang usus buntu bukanlah perut kembung biasa tanpa gejala berat. Namun pada usus buntu, gejala ini diikuti oleh gejala-gejala yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kita sudah membahas mengenai penyakit ini dan tanda-tandanya, pertanyaan yang mungkin muncul kemungkinan besar adalah “apa penyebabnya?”. Pencetus radang usus buntu ini, di antaranya adalah: penyumbatan yakni limbah makanan atau feses keras yang memblokir usus buntu dan juga infeksi seperti oleh virus gastrointestinal. Radang usus buntu dapat menyerang siapa saja khususnya yang berusia sekitar 10-30 tahun. Jika sudah terkena radang pada usus buntu maka harus segera melakukan pengobatan, salah satu pengobatan yang paling dikenal adalah operasi pengangkatan usus buntu. Namun, tentu siapa saja pasti tidak ingin terkena penyakit, termasuk radang usus buntu. Oleh karena itu, jalan terbaik adalah mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari makanan yang berserat tinggi agar feses tidak keras dan juga aktivitas fisik yang cukup. Salam sehat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.