Penyakit Kantung Empedu

Penyakit kantung empedu merupakan kondisi medis yang dicirikan dengan infeksi, radang, batu ataupun terjadi penyumbatan di bagian kandung / kantung empedu. Kantung empedu sendiri merupakan organ kecil yang berada di bawah hati yang menyimpan empedu yang bisa membantu proses penguraian lemak di makanan yang kita konsumsi guna proses pencernaan makanan menjadi cepat.

Namun, terdapat sekitar 8 tipe penyakit kantung empedu, yakni antara lain sebagai berikut: kolelithiasis (batu empedu), pertumbuhan polip di kantung empedu, kolesistitis dan juga peradangan di bagian kantung empedu. Tiap tipe penyakit kantung empedu mengharuskan perawatan khusus tersendiri dan terdapat gejala yang berbeda-beda satu sama lain. Tipe penyakit kantung empedu yang paling umum ialah batu empedu dimana batu empedu tersebut berstruktur keras, menyerupai kristal yang terbentuk pada saatt empedu yang mengandung kolesterol berlebihan ataupun berasal dari bilirubin, yakni produk sisa dari hasil penghancuran sel darah merah yang ada di dalam hati, yang berlebihan. Sementara itu, penyakit kantung empedu yang tidak begitu umum adalah kolesistitis dimana penyakit ini diakibatkan oleh sumbatan tiba-tiba di bagian saluran yang ada di kantung empedu oleh batu empedu, umumnya disebut duktus sistikus.
Penyakit Kantung Empedu
Namun kali ini mari kita lebih mengenal penyakit kantung empedu yang disebabkan oleh radang atau penyumbatan, yakni kolesistitis. Apa saja gejala penyakit kantung empedu ini? Berikut poin-poinnya:

Nyeri di bagian kanan atas perut seperti gejala penyakit maag.
Nyeri hilang timbl dan berpindah-pindah tempat dari sebelah kanan atas perut bisa menuju ke punggung dan pindah lagi ke bahu dan dada depan.
Pada umumnya, rasa sakit muncul 1-2 jam sesudah makan. Ini mengakibatkan penderita jadi kehilangan nafsu makan karena takut menimbulkan rasa sakit setelah makan.
Gangguan pencernaan, adanya rasa mual yang diikuti oleh muntah dan berkeringat dingin.
Perut kembung, khususnya ketika setelah makan makanan yang berlemak, digoreng dan juga syauran hijau.
Rasa sakit sering kali muncul pada malam hari sehingga bisa membangunkan penderita secara mendadak.
Kulit berwarna kuning jika batu empedu menghalangi saluran empedu.
Suhu badan meninggi.

Penyakit ini termasuk sulit untuk dikurangi gejalanya apabila sudah terkena. Oleh karena itu, jika belum mengidap adalah langkah paling bijaksana untuk mencegahnya. Apa saja caranya? Sebenarnya tidak begitu sulit karena pencegahannya mencakup: Pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan penuhi asupan air putih, kurangi konsumsi makanan berlemak dan juga makanan yang digoreng, batasi jumlah kalori karena memicu obesitas yang berujung pada penyakit kantung empedu, perbanyak konsumsi buah seperti apel ataupun sari apel karena apel bermanfaat untuk melembutkan batu empedu.

Demikian informasi mengenai penyakit kantung empedu ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.