Pengobatan Hepatitis Menurut Jenisnya

Hepatitis merupakan satu penyakit peradangan yang menyerang organ hati. Ketika berlangsung selama lebih dari 6 bulan, makan hepatitis disebut dengan “hepatitis kronis”. Sedangkan yang hanya berlangsung kurang dari 6 bulan akan disebut dengan “hepatitis kronis”.

Pada beberapa waktu yang lalu, hepatitis pernah menjadi wabah yang menakutkan dan membawa kematian terhadap banyak populasi manusia di seluruh dunia. Kebanyakan penyebab hepatitis disebabkan oleh virus, sedangkan lainnya disebabkan oleh penggunaan obat-obatan terlarang dan minuman kelas. Penting adanya untuk mengetahui dan memahami pengobatan hepatitis yang akan dijelaskan berikut ini!

Jenis Jenis Penyakit Hepatitis

Pada umumnya, gejala dan tanda tanda penyakit hepatitis akan muncul setelah 2 s/d 3 bulan setelah pasien terinfeksi virus yang menyebabkan mengidap penyakit hepatitis. Gejala hepatitis itu sendiri sangat bervarisasi, dari yang bisa terlihat oleh kasat mata oleh perubahan fisik pasien sampai yang tidak terlihat. Dibawah ini adalah beberapa jenis penyakit hepatitis yang sering dijumpai pada masyarakat umum. Anda bisa membaca dengan cermat untuk bisa belajar lebih banyak seputar jenis dan penyebab penyakit hepatitis.

Pengobatan Hepatitis A

Penularan virus hepatitis A (HVA) pada umumnya berkaitan dengan makanan dan feses sang penderita. Bila dibandingkan dengan hepatitis B dan hepatitis C, maka jenis inilah yang paling ringan dan tidak begitu berbahaya. Tanda-tanda dari hepatitis A diantara lain adalah lemah, lesu, letih, demam, dan seringkali disertai dengan muntah. Mata dan kulit penderita juga kadang terlihat menguning.

Penderita penyakit ini biasanya akan diasingkan atau dirawat di ruangan isolasi agar virusnya tidak menyebar begitu saja. Pengobatan hepatitis A tidak begitu spesifik. Ini dikarenakan penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kisaran waktu 1-2 bulan. Jika dirawat dirumah sakit, pasien akan diberikan penanganan khusus seperti pemberian obat anti mual dan istirahat secara total.

Pengobatan Hepatitis B

Penyakit ini sebelumnya pernah menjadi epidemi pada sebagian negara-negara di benua Afrika dan Asia. Penyebab utama dari hepatitis B adalah virus hepatitis B atau disingkat dengan nama VHB. Sebuah fakta mengatakan jika virus ini seratus kali lebih ganas dibandingkan dengan virus HIV. Bedanya, penyakit hepatitis B sudah dapat disembuhkan dan bahkan dicegah dengan melakukan vaksinasi.

Cara penularan virus hepatitis B adalah dengan media darah, lendir, dan cairan yang dikeluarkan oleh tubuh (saliva, cairan hidung, cairan dari organ reproduksi, dan keringat). Sebagian besar penderita penyakit ini tidak merasakan gejala apapun sehingga sulit untuk dideteksi jika tidak dengan melalui pemeriksaan darah secara menyeluruh.

Pengobatan hepatitis B terbilang cukup mudah dan umumnya akan sembuh seiring dengan perawatan. Dokter biasanya akan menyarankan pemakain obat dalam bentuk antiviral yang disertai dengan gaya hidup yang baik. Persentase penyakit ini berkembang menjadi hepatitis B kronik sangatlah kecil, sekitar 10%, terutama jika sebelumnya dilakukan pengobatan.

Ada pula pengobatan hepatitis B yang menggunakan bahan-bahan herbal. Beberapa diantaranya adalah meniran, pegagan, temulawak, buah mengkudu, sambiloto, kunyit, buah kacapiring, alang-alang, rumput mutiara, dan jamur kayu.

Pengobatan Hepatitis C

Selain hepatitis A dan hepatitis B, ada pula hepatitis C yang juga menyerang organ hati. Virus hepatitis C atau disebut juga dengan HCV menular melalui tranfusi darah, kontak darah, peralatan medis yang tidak steril, juga penggunaan narkoba jenis suntikkan. Hanya sekitar 15% dari seluruh kasus hepatitis C yang menunjukkan gejala spesifik.

Infeksi dari virus hepatitis C harus segera diobati agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan. Tergantung pada tipe virusnya, pengobatan hepatitis C sebagian besar menggunakan obat antivirus ribavirin dan interferon pegilasi. Agar lebih efektif, pengobatan ini dilakukan selama kurang lebih 24 sampai 48 minggu. Sayangnya, masih belum ada pengobatan hepatitis C yang menggunakan tanaman-tanaman tradisional.

Demikianlah sedikit informasi seputar pengobatan hepatitis yang disesuaikan dengan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.