Mengenali Gejala, Faktor Resiko, dan Penyebab Kanker Tulang

Tulang adalah menduduki posisi ketiga lokasi utama dimana sel-sel kanker menyebar dan bermetastasis. Ketika sel-sel kanker berhasil mengakses aliran darah, masuk ke dalam sum-sum tulang, kemudian berlipat ganda, saat itulah kanker tulang terjadi. Tumor pada tulang lebih sering ditemukan, dibandingkan dengan kanker tulang. Meskipun tumor tulang tidak terlalu mengancam jiwa dan tidak menyebar, namun tipe tumor ini dapat mengurangi kualitas kesehatan tulang.

Jika tidak segera diobati, metastasis kanker pada tulang dapat mengancam kualitas hidup sang pasien. Untuk mencegah penyakit ini, setidaknya Anda harus tau sedikit-banyak mengenai kanker tulang mulai dari gejala, faktor resiko, hingga penyebab kanker tulang.

Gejala-Gejala Kanker Tulang

Penderita kanker tulang mungkin mengalami gejala atau tanda-tanda berikut ini. Kadang-kadang, pasien kanker tulang tidak menunjukkan gejala-gejala yang dapat terlihat. Ketika sel-sel kanker mulai menyebar dan menekan jaringan tulang yang sehat dan dapat menghancurkannya, yang menyebabkan gejala-gejala berikut ini:

Rasa sakit: Gejala awal kanker tulang adalah nyeri dan pembengkakan di daerah di mana kanker berada. Rasa sakit bisa datang dan pergi pada awalnya, kemudian menjadi lebih parah dan menetap kemudian. Rasa sakit mungkin menjadi lebih buruk ketika bergerak, terlebih jika terjadi pada jaringan tulang lunak.
Pembengkakan sendi: Kanker yang terjadi di dekat sendi dapat menyebabkan pembengkakan. Inilah yang membuat rasa sakit saat bergerak.
Patah tulang: Tulang yang terdapat sel-sel kanker dapat mempengaruhi kepadatan tulang sehingga mudah untuk patah.
Gejala lainnya: Umumnya, gejala kanker tulang lainnya adalah rasa lelah, penurunan berat badan, dan anemia.

Faktor Resiko Kanker Tulang

Diantara seluruh kasus kanker tulang, sekitar 95% pasien tidak memiliki faktor resiko yang signifikan. Hal inilah yang menyebabkan para peneliti sedikit kebingungan dalam mencari tau penyebab kanker tulang. Diperkirakan, inilah beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang:

Usia.
Riwayat kesehatan.
Keturunan.
Penyakit (salah satunya adalah Paget’s Disease).

Penyebab Kanker Tulang

Kemungkinan dari penyebab kanker tulang masih dalam banyak penelitian. Banyak kanker tulang yang terjadi pada remaja dan dewasa muda, membawa kemungkinan bahwa kanker ini berhubungan dengan tahap pertumbuhan tulang. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan dari penyebab kanker tulang:

Radioterapi: Orang-orang yang mendapatkan radioterapi dalam dosis tinggi untuk daerah yang meliputi tulang memiliki sedikit peningkatan risiko terkena kanker tulang. Ini merupakan penyebab kanker tulang yang kemungkinannya sangat kecil. Kanker tulang biasanya mulai kelihatan sekitar 10-20 tahun setelah radioterapi.
Kesalahan genetik: Sebagian besar penyebab kanker tulang disebabkan oleh gen yang diwariskan. Risiko kanker tulang akan bertambah besar pada orang-orang dengan kondisi genetik tertentu. Mereka yang mewarisi sindrom LiFraumeni memiliki peningkatan risiko dalam osteosarcoma, sebagai salah satu kanker tulang. Anak-anak yang memiliki retinoblastoma, jenis kanker mata langka yang disebabkan oleh warisan gen juga memiliki peningkatan risiko pada kanker tulang.
Pernah mengalami cedera: Penyebab kanker tulang yang satu ini memang belum memiliki buktu yang begitu kuat dan jelas. Namun, ketika tulang mengalami cidera, maka sel-selnya lebih mudah untuk bersikap abnormal.

Demikianlah beberapa informasi seputar gejala, faktor resiko, dan penyebab kanker tulang yang terjadi cukup langka. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.