Wanita Wajib Tau Apa Itu Kanker Serviks!

Kanker serviks adalah kanker yang paling umum ketiga pada wanita di seluruh dunia, dan kanker ini masih menempati urutan nomor satu sebagai penyebab utama kematian terkait bagi perempuan, baik di negara maju maupun di negara berkembang. Kurangnya wawasan dan penataran lah yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Namun, sebelumnya apakah Anda tau apa itu kanker serviks? Jika Anda belum mengerti betul mengenai penyakit ini, sebaiknya simak bahasannya berikut ini!

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker serviks sering sekali disebut dengan kanker leher rahim. Sesuai dengan namanya, kanker mulut rahim ini menyerang jaringan mulut dan leher rahim. Pria tentu saja tidak dapat terserang penyakit ini karena tidak memiliki rahim. Kanker serviks ditemukan hampir sepertiga dari banyaknya penderita kanker di Indonesia, sesuai dengan data yang sudah ada. Hampir ribuan penderita kanker serviks berujung pada kematian setiap tahunnya, berdasarkan data yang dimiliki oleh WHO. Inilah yang membuat kanker ini mendapatkan gelar sebagai pembunuh nomor satu wanita di dunia. Letak tepat dari kanker serviks ini adalah di area sekitar pintu masuk ke daerah rahim atau leher rahim. Itu merupakan daerah yang paling sempit dan berada pada bagian bawah antara rahim dan kemaluan wanita.

Apa Penyebab dari Kanker Serviks?

Setelah mengetahui apa itu kanker serviks, Anda juga perlu tau mengenai penyebab-penyebabnya. Faktor utama dari kanker mulut rahim adalah infeksi dari Human Papilloma Virus atau HPV. Namun tidak semua tipe dari HPV bisa menyebabkan kanker serviks. Hanya HPV tipe 16 dan tipe 18 lah yang paling sering ditemukan dalam kasus kanker ini.

Bagaimanakah cara penularan HPV? Proses penularan HPV yang paling umum adalah melalui kontak seksual. Virus ini juga dapat berpindah melalui cairan dan sentuhan kulit. Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan wc umum yang sebelumnya digunakan oleh penderita yang sudah terinfeksi HPV.

Faktor resiko lainnya untuk kanker serviks adalah gaya hidup yang kurang sehat. Diantaranya seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kurangnya asupan vitamin, dan lainnya. Melakukan hubungan intim dengan pasangan yang berbeda-beda juga menjadi salah satu faktor resiko dari kanker serviks. Kecenderungan terinfeksi virus ini juga akan bertambah dua kali lipat untuk mereka yang sudah pernah berhubungan intim di bawah usia 16 tahun. Sedangkan faktor resiko lainnya seperti: mandul, penggunaan pil KB, riwayat kesehatan keluarga dengan kanker serviks, dan terlalu sering melahirkan.

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Mengetahui apa itu kanker serviks saja rasanya tidak akan cukup, Anda juga harus tau seperti pa tanda-tandanya. Kanker mulut rahim bukanlah sebuah penyakit yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Dibutuhkan setidaknya 10-20 tahun hingga infeksi HPV berubah menjadi tumor ganas. Karena itulah sulit untuk mendeteksi perkembangan awal dari penyakit ini. Cara paling mudah adalah dengan menjalani test Pap Smear, setidaknya sekali dalam dua tahun. Berikut ini adalah beberapa tanda kanker serviks pada stadium lanjut:

Rasa nyeri saat buang air kecil.
Pendarahan dari vagina.
Sakit saat melakukan hubungan intim.
Keluhan nyeri di daerah pinggul.
Keputihan yang jumlahnya tidak normal dan berbau tidak sedap.

Demikianlah sedikit pengertian seputar apa itu kanker serviks beserta dengan penyebab dan tanda-tandanya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.