Apa Sajakah Gejala Kanker Mulut Rahim?

Kanker mulut rahim masih menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian terbanyak pada wanita di Indonesia. Diperkirakan kanker serviks dapat membunuh seorang wanita setiap dua menit di seluruh dunia. Hal tersebut mengemukakan bahwa penyakit ini sungguh berbahaya.

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Setidaknya ada dua tipe dari virus ini yang sering ditemukan pada kasus kanker serviks, diantaranya adalah tipe 16 dan tipe 18. Infeksi dari virus ini dapat terjadi pada wanita yang sudah pernah melakukan aktifitas seksual dengan rentang usia 15-20 tahun. Penularan umum dari HPV adalah melalui kontak dengan kulit dan hubungan seksual. Hampir 80% kasus diawali oleh hubungan seksual, dan sisanya melalui kontak pada kulit. Mengapa bisa? Ini karena HPV juga bisa hidup di epitel kulit.

Gejala Kanker Mulut Rahim Pada Awalnya

Di awal infeksi Human Papilloma Virus, gejala kanker mulut rahim masih belum begitu terlihat. Ini dikarenakan butuh waktu yang cukup lama hingga infeksi tersebut berubah menjadi kanker. Masa inkubasi virus ini dapat berjalan dari 5-10 tahun. Karena sulit untuk dideteksi, cara efektif satu-satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan yang sering dikenal dengan test Pap Smear.

Penting untuk Anda ketahui, infeksi HPV sesungguhnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah dilawan oleh sistem kekebalan tubuh. Namun ada kemungkinan virus tersebut menetap dan berkembang menjadi tumor ganas.

Gejala Kanker Mulut Rahim yang Sudah Menyebar

Ketika memasuki stadium lanjut, mulai muncul keluhan-keluhan yang bisa dikategorikan sebagai gejala kanker mulut rahim. Berikut ini tanda-tanda yang harus Anda waspadai:

1.       Keputihan Abnormal – Keluarnya cairan dari vagina merupakan hal yang wajar bagi wanita. Namun sebaiknya waspada jika cairan tersebut berbau busuk, berwarna kuning kehijauan, dan terlalu banyak. Keputihan tidak selamanya gejala kanker mulut rahim, untuk itu konsultasikan masalah ini ke dokter.

2.       Pendarahan – Sebagian besar kanker serviks mengalami pendarahan yang tidak normal, meskipun sedang tidak dalam masa haid. Hal ini dikarenakan jaringan mulut dan leher rahim yang rusak akibat sel-sel kanker.

3.       Sakit Saat Berhubungan Intim – Ini merupakan gejala kanker mulut rahim lainnya. Selain rasa sakit, kondisi ini juga bisa menyebabkan pendarahan setelah berhubungan intim.

4.       Nyeri Pinggul – Gejala kanker mulut rahim yang satu ini mirip-mirip dengan tanda sebelum menstruasi. Anda bisa saja merasakan nyeri yang berlangsung hingga berjam-jam lamanya.

5.       Sulit Buang Air Kecil – Ketika kandung kemih sudah terinvasi oleh sel-sel kanker, maka akan berpengaruh pada aktifitas buang air kecil. Anda bisa saja merasakan nyeri atau sakit ketika buang air kecil.

Cara Pencegahan yang Efektif untuk Kanker Serviks

Karena penyebabnya sudah diketahui, seharusnya kanker ini bisa dicegah dengan tepat. Salah satunya adalah dengan menjalani vaksinasi dari virus HPV tipe 16 dan tipe 18. Idealnya, vaksin diberakan sejak usia remaja. Tingkat perlindungan terhadap kanker mulut rahim akan semakin besar jika vaksin tersebut diberikan sedini mungkin. Jangan lupakan menjalani tes Pap Smear yang setidaknya dilakukan sekali dalam setahun. Pemeriksaan ini membantu dokter dan Anda untuk menangani kanker mulut rahim sejak stadium awal. Jangan abaikan pula anjuran untuk setia pada satu pasangan dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Demikianlah sedikit informasi seputar gejala kanker mulut rahim dan tindakan pencegahannya yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.