Yuk, Kenali Prosedur Pengobatan Kanker Prostat dan Efek Sampingnya

Jika pada wanita harus mewaspadai kanker leher rahim, kaum pria perlu was-was terhadap kanker prostat. Kanker yang menyerang kelenjar dari sistem reproduksi laki-laki ini semakin banyak ditemukan kasusnya, terutama pada pria di atas umur 70 tahun.

Sama seperti penyebabnya, pengobatan kanker prostat pun masih sering diperdebatkan. Penting hukumnya bagi Anda, terutama jika Anda pria, untuk mengetahui lebih jauh tentang kanker prostat. Simak saja bahasan seputar gejala dan tindak penanganan serta efek samping dari pengobatan kanker prostat berikut ini!

Gejala Kanker Prostat

Penting adanya untuk mengenali gejala kanker prostat, sebelum Anda tau seperti apa pengobatannya. Pada tahap awal, sebagian besar pasien tidak akan merasakan gejala apapun sama seperti kanker lainnya. Inilah yang menyebabkan angka kematian terus meningkat. Namun, berikut ini adalah beberapa kemungkinan dari gejala-gejala kanker prostat yang bisa muncul:

Frekuensi buang air kecil yang meningkat, terutama pada malam hari.
Kesulitan untuk mengontrol aliran kandung kemih.
Retensi urin (Aliran urin yang terganggu atau melemah.
Rasa tidak puas setelah buang air kecil.

Ketika sel-sel kanker mulai menyebar, gejala-gejalanya akan lebih terlihat secara signifikan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Rasa sakit saat ejakulasi.
  2. Urin berwarna pekat yang disertai dengan darah.
  3. Disfungsi ereksi.
  4. Rasa nyeri atau seperti terbakar seperti buang air kecil.
  5. Rusaknya fungsi kandung kemih atas.
  6. Infeksi kemih yang berulang.

Gejala-gejala lainnya juga menyusul ketika sel kanker menyebar pada bagian tertentu. Saat inilah pengobatan kanker prostat sangat dibutuhkan.

Penanganan dan Pengobatan Kanker Prostat

Sama seperti sebagian besar penanganan kanker, pengobatan kanker prostat tidak bisa selalu sama untuk setiap pasien. Semua harus disesuaikan dengan kondsi medis umum, usia, seberapa jauh penyebaran sel kanker, dan harapan hidup sang pasien. Pilihan perawatan medis untuk mengobati kanker prostat, meliputi:

Letak Kanker Prostat yang Bisa Disembuhkan Dengan Terapi laser weber dengan konsep photodynamic therapy

Prosedur kemoterapi dan radioterapi memang dianjurkan untuk sebagian besar penyakit kanker, terutama yang sudah menyebar. Pilihan pengobatan kanker prostat stadium awal yang paling baik adalah prostatektomi yang dikombinasikan dengan radioterapi.

Jenis prostatektomi yang paling sering dilakukan adalah prostatektomi radikal, terutama TURP (Reseksi Transurethral Prostat). Ada berbagai jenis prostatektomi radikal yang berbeda dari segi bagian apa saja yang diangkat dan berapa lama prosedur pengangkatan dilakukan.

Sedangkan, pengobatan kanker prostat melalui terapi hormon bertujuan untuk menurunkan kadar hormon androgen (hormon milik pria). Hal tersebut dapat mencegah sel kanker untuk menyebar, meskipun tidak dapat benar-benar membunuh sel kanker tersebut.

Resiko & Efek Samping Pengobatan Kanker Prostat

Seperti yang sudah sering Anda tau, kemoterapi dan radioterapi memiliki efek samping yang khas. Sebagian besar pasien mengalami rasa mual, kehilangan rambut, pusing, dan kelelahan yang ekstrim. Lalu, bagaimana efek samping dari pilihan pengobatan kanker prostat yang mencakup pembedahan.

Dua efek samping utama dari pembedahan kanker prostat adalah inkontinensia (kebocoran urin) dan impotensi. Pasien yang telah menjalani prostatektomi biasanya akan mengalami kebocoran urin saat olahraga, batu, bersin, dan bahkan tertawa. Kemungkinan efek samping lainnya adalah impotensi, kesulitan dalam berereksi sehingga tidak dapat melakukan hubungan seksual. Tidak jarang pula prostatektomi berujung pada kemandulan. Hal itulah yang sering ditakutkan oleh para penderita, terutama yang berusia muda.

Terapi Photodynamic Untuk Penderita Kanker Prostat

Dengan seiring berkembangnya teknologi, saat ini dunia kedokteran mendapatkan sebuah metode terbaru untuk menyembuhkan pasien penyakit kanker dengan metode pengobatan photodynamic therapy. Terapi ini masih tergolong baru dan terus mengalami perkembangan sejak di temukan. Kabar gembira! Klinik kami adalah salah satu klinik pertama yang mengadopsi teknologi dari jerman untuk menyembuhkan penyakit kanker prostat ini.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.