Kanker Payudara, Gejala, dan Faktor Resikonya

Kanker merupakan sekelompok penyakit di mana sel-sel dalam tubuh tumbuh, berubah, dan berkembang biak di luar kendali. Biasanya, kanker akan dinamai sesuai dengan bagian tubuh di mana ia berasal. Dengan begitu, pengertian kanker payudara mengacu pada pertumbuhan yang tidak menentu dan proliferasi sel-sel yang berasal dari jaringan payudara. Sekelompok sel yang membelah dengan cepat dapat membentuk benjolan atau massa jaringan ekstra. Massa ini seringkali disebut dengan tumor. Tumor dapat berupa kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Tumor ganas dapat menembus dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Sekelompok sel dalam tumor juga dapat melepaskan diri dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Mengenal Kanker Payudara

Seperti semua kanker, kanker payudara dimulai pada sel-sel tubuh. Tubuh manusia terdiri dari jutaan sel, yang biasanya berkembang biak, mati, dan kemudian digantikan oleh sel-sel yang baru secara teratur. Perputaran ini akan terus terjadi.

Sayangnya, sel-sel tertentu yang berperilaku tidak normal akan tumbuh dan berkembang biak tak menentu dan tak terkendali. Dengan demikian, sel-sel ini mulai terbentuk baik tumor jinak (non-kanker) atau tumor ganas (kanker) pada daerah payudara. Dalam beberapa kasus, benjolan yang dihasilkan tidak terasa sakit.

Jenis-Jenis Kanker Payudara

Payudara terdiri dari kelenjar susu (lobulus), duktus laktiferus (juga disebut saluran sebagai susu), dan jaringan lemak (adiposa). Sel-sel kanker dapat terbentuk di saluran susu, dalam hal ini disebut karsinoma duktal. Jika hal tersebut terjadi di daerah lobulus, maka disebut karsinoma lobular. Karsinoma duktal adalah jenis yang paling umum dalam kanker payudara.

Ada pula bentuk lain dari kanker payudara yang sangat jarang ditemukan, seperti kanker payudara inflamasi. Tidak seperti kebanyakan jenis kanker payudara yang tumbuh menjadi satu menjadi tumor bertekstur padat, kanker payudara inflamasi cenderung tumbuh pada lapisan kulit payudara.

Faktor Resiko Kanker Payudara

Kanker payudara pastinya sering terjadi pada kaum wanita, meskipun tidak menutup kemungkinan para pria bisa terserang kanker ini. Resiko terkena payudara akan terus meningkat seiring berjalannya usia. Kanker payudara jarang terjadi pada wanita di bawah umur 50 tahun. Sekitar 70% dari wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara dan sekitar 80% dari wanita yang meninggal akibat kanker payudara berumur lebih dari 50 tahun.

Mereka yang memiliki riwayat kesehatan keluarga dengan kanker payudara, maka resikonya akan lebih besar. Namun, kebanyakan wanita yang menderita kanker payudara tidak memiliki kerabat dengan penyakit yang sama. Bahkan di antara wanita yang memiliki kerabat dengan kanker payudara, hanya sedikit yang menjadi penderita.

Gejala-Gejala Kanker Payudara

 Seperti kebanyakan penyakit pada umumnya, kanker payudara tentu memiliki gejala tersendiri. Penderita kanker payudara biasanya tidak menyadari gejala-gejala tersebut di awal. Namun seiring berjalannya waktu, gejala-gejala tersebut semakin terlihat jelas dan dapat dengan mudah dideteksi. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai pengertian kanker payudara lebih jauh, berikut ini adalah gejala-gejalanya:

  1. Terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara Anda.
  2. Lubang atau lipatan pada kulit payudara terlihat aneh.
  3. Kemerahan, bengkak atau rasa panas yang menjalar dalam payudara.
  4. Puting terlihat terbalik, yaitu puting masuk ke dalam.
  5. Rasa sakit yang tidak wajar pada bagian payudara.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang serupa, segeralah periksakan diri Anda kedokter. Percaya atau tidak, beberapa kasus kanker payudara terjadi tanpa adanya gejala-gejala tersebut. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.