Mengenal Gejala Kanker Kulit

Gejala kanker kulit memang sedikit bias sehingga membuat banyak orang sering mengabaikan tanda-tanda ini. Padahal gejala ini dapat membantu kita mendeteksi kanker kulit yang mulai tumbuh lebih cepat. Meskipun perkembangan kanker kulit bisa dikatakan lebih lamban dibandingkan dengan kanker lainnya, penyakit ini tetap saja penyakit mematikan. Akan sangat membahayakan diri jika tidak segera ditangani dengan baik. Untuk dapat dilakukan tindakan tentunya penderita harus sadar terlebih dahulu apa yang sedang menimpa dirinya. Oleh sebab itulah pengetahuan mengenai gejala awal kanker kulit harus menjadi salah satu pengetahuan wajib bagi kita semua. Dengan mengetahui gejala awalanya dengan cepat, maka akan mudah ditangani secara lebih dini.

Apa Saja Gejala Kanker Kulit itu?

Ada beberapa gejala kanker kulit yang dapat diperhatikan. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini seperti yang dikutip dari Boldsky.

Timbulnya bintik-bintik di atas kulit

Bila kita merasa ada di atas kulit mulai muncul bintik-bintik yang menyebar dengan cepat dan tidak hilang dalam empat minggu, segera konsultasikan hal ini ke dokter. Apalagi kalau bintik-bintik itu terasa sakit ketika dipegang ataupun mengeluarkan darah, jangan tunda waktu untuk berkonsultasi ke dokter karena ini menjadi pertanda awal kanker kulit mulai tumbuh di atas kulit kita.

Timbulnya eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang menjengkelkan. Selain menjengkelkan ternyata eksim juga menjadi pertanda awal kulit terkena serangan kanker. Eksim yang menjadi pertanda awal gejala kanker kulit seperti berada di sendi ataupun siku.

Tahi lalat yang membesar

Hampir semua orang memiliki tahi lalat. Benjolan kecil dengan warna hitam ini kadangkala membuat orang terlihat lebih manis, seperti tahi lalat yang ada di atas bibir. Tidak dipungkiri benda kecil satu ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Berbeda jika tahi lalat itu mulai menunjukkan perubahan bentuknya, kita harus segera mewaspadainya. Tahi lalat yang mulai membesar adalah tanda awal terjadinya kanker kulit. Kalau tahi lalat di tubuh kita mengalami perubahan bentuk, berubah menjadi lebih gelap dan terasa gatal, segeralah periksakan diri ke dokter. Gejala ini perlu penanganan secara dini agar dapat segera diobati.

Tanda lahir yang berubah warna

Ada beberapa orang yang lahir dengan membawa tanda lahir. Tanda lahir ini biasanya sifatnya permanen. Perlu perhatian besar jika tanda lahir ini mulai mengalami perubahan, misalnya warnanya berubah dan menjadi lebih besar daripada aslinya. Apalagi kalau disertai dengan gatal, segera saja periksakan diri ke dokter agar segera bisa ditangani.

Rasa nyeri di benjolan

Benjolan yang tumbuh dengan tiba-tiba dan rasanya begitu nyeri ketika disentuh, bisa menjadi pertanda awal gejalan kanker kulit. Segeralah bawa ke dokter agar dapat diteliti lebih dini.

Itulah beberapa gejala kanker kulit yang dapat menjadi perhatian kita semua. Gejala-gejala ini sebenarnya mudah diamati, hanya saja banyak orang yang tidak menyadarinya.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.