Penyebab Sakit Jantung

Penyebab sakit jantung – kadang bisa tidak disadari bahwa seseorang telah mengidap sakit jantung. Penyakit ini sendiri adalah momok menakutkan bagi hampir seluruh masyarakat. Konon jika terkena penyakit ini akan sangat sulit disembuhkan dan butuh biaya pengobatan yang besar. Oleh karena itu, sebelum terjadi, mengetahui penyebab sakit jantung penting untuk dilakukan.

Penyebab Sakit Jantung

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu pemicu awal dan utama terhadap sakit jantung. Mereka yang menderita hipertensi memiliki risiko tinggi terhadap serangan jantung. Oleh karena itu, bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya mengontrol kesehatan yakni setidaknya 3 kali setahun.

Kolesterol jahat yang tinggi

Penyebab sakit jantung yang kedua adalah kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang tinggi. Kolesterol tinggi punya kaitan erat terhadap sakit jantug karena memicu pembentukan plak pada pembuluh darah yang mengganggu pasokan darah sehingga menyebabkan gagal jantung.

Faktor usia dan jenis kelamin

Mereka yang berusia 65 tahun ke atas dan berjenis kelamin pria memiliki faktor risiko yang lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak teratur dan sehat, tidur tidak teratur, konsumsi alkohol secara berlebihan dan ditambah lagi merokok meningkatkan peluang sakit jantung.

Faktor genetik dan penyakit kronis

Faktor genetik dimana memiliki riwayat keluarga dekat yang menderita penyakit jantung pula meningkatkan peluang terjadi sakit jantung. Kemudian, memiliki penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes juga memicu terjadinya sakit jantung.

Oleh karena itu memerhatikan sedini mungkin tanda-tanda dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat akan membantu Anda terhindar dari sakit jantung. Tadi disebutkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat turut menjadi penyebab sakit jantung. Salah satu gaya hidup tidak sehat dicirikan oleh pola makan yang kurang tepat dan sehat. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi:

Konsumsi garam secara berlebihan, seperti makanan asin ataupun masakan yang terlalu banyak garam.
Makanan yang punya kandungan lemak jenuh seperti daging merah, produk susu, kelapa dan minyak sawit bisa menyebabkan arteri organ jantung menyempit dan mengeras.
Makanan manis dapat memicu penyakit diabetes yang berkaitan pula dengan risiko sakit jantung.
Makanan cepat saji mengandung lemak yang tidak baik bagi organ jantung.
Telur, khususnya bagian kuning telur memiliki jumlah kolesterol yang tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun dalam jumlah yang tepat justru sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
Makanan olahan seperti keripik sebaiknya dalam jumlah yang wajar.

Dengan mengetahui penyebab sakit jantung dan faktor-faktor pemicunya, kitapun jadi lebih waspada untuk mengurangi kemungkinan yang ada. Salam sehat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.