Penyebab Anda Sakit Gagal Jantung

Hampir semua orang menginginkan harapan hidup yang tinggi untuk mereka dan keturunan mereka. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting, terutama saat kita sedang membicarakan masalah yang berkaitan dengan harapan hidup. Beberapa penyakit menjadi ancaman bagi orang-orang yang ingin hidup lebih lama. Kehadiran penyakit tentu tak akan hanya berdampak pada kesehatan, namun juga bagi aspek psikologis penderita.

Gagal jantung, adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh penyimpanan lemak tingkat tinggi. Karena banyaknya lemak yang terendap dalam tubuh, maka lemak tersebut akan menempel di sisi-sisi pembuluh darah. Tentunya ini sangat mengganggu kelancaran peredaran darah bagi tubuh penderita. Sayangnya tidak terdapat ciri-ciri visual yang dapat mendeteksi adanya potensi gagal jantung pada tubuh seseorang.

Faktor Penyebab Gagal Jantung

Penyakit gagal jantung dapat datang dari berbagai macam sebab. Salah satu sebab yang mudah dikenali dan antisipasi adalah gagal jantung akibat dari keturunan. Sifat genetik yang dimiliki oleh tubuh akan membuat generasi di bawahnya memiliki karakter yang identik dengan mendahuluinya. Penyebab jantung oleh faktor ini cenderung lebih mudah di antisipasi dan dicegah karena penderita telah mengetahui potensi penyakit yang dialaminya sejak lahir. Faktor penyebab yang kedua berasal dari penderita itu sendiri. Yang paling sering dijumpai adalah gagal jantung yang disebabkan lemak berlebih. Kumpulan lemak yang menempel di dalam pembuluh darah akan terus terhimpun tanpa ada rasa sakit sedikit pun. Barulah ketika lemak cukup tebal, aliran darah mendadak terganggu.

Jantung koroner yang diakibatkan oleh lemak adalah jenis yang cukup berbahaya. Pada saat kondensasi lemak, tak pernah ada gejala-gejala khusus. Penderita menjalani hari-hari seperti tak pernah ada apa-apa. Namun, ketika jumlah lemak yang terhimpun cukup besar, lemak akan menutup pembuluh darah secara tiba-tiba. Ketika ini terjadi, umumnya penderita akan mengalami chock yang luar biasa. Ciri-ciri utama ketika jantung koroner menyerang dapat langsung dilihat dari kondisi dada dan otot. Jika dada sering terasa sesak atau otot sulit untuk berolahraga, bisa jadi anda berpotensi terkena gagal ginjal. Kejadian ini berkaitan erat dengan flek-flek pada pembuluh darah, atau disebut juga dengan infark miokard. Diameter arteri yang terdapat pada jantung akan memiliki sumbatan sebanyak 70% atau lebih sebelum akhirnya membuat penderita tidak sadar diri.

Gejala lain yang sering muncul pada tubuh penderita adalah Angina Pektoris. Fenomena tersebut terjadi saat anda merasakan tekanan berlebih pada bagian dada, rahang dan lengan kiri. Untuk merasakannya, diperlukan istirahat dengan waktu yang lama, Yang terpenting, anda harus rajin melaksanakan konsultasi terhadap petugas medis di rumah sakit kepercayaan anda. Sebenarnya, jika anda ingin mendeteksi potensi adanya penyakit gagal jantung di tubuh anda, yang perlu anda lakukan adalah melakukan tes screening untuk CAD. Test ini biasa dilakukan di atas treadmill. Banyak orang menyebutnya juga sebagai treadmill test. Alat kateter akan ditempelkan pada bagian kaki dan tangan untuk mendeteksi aliran darah yang ada. Beberapa video dan gambar xray biasanya juga diambil untuk memastikan keakuratan treadmil tes.

Di Amerika Serikat, penyebab paling umum dari gagal jantung kongestif adalah:

  1. Penyakit arteri jantung koroner.
  2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  3. Orang yang suka minum minuman keras
  4. Gangguan katup jantung.
  5. Diketahui (idiopathic) penyebab, seperti setelah pemulihan dari myocarditis.

Pembahasan ini rasanya kurang lengkap tanpa menyertakan jenis-jenis pengobatan yang bisa dilakukan. Walaupun tidak semua penyakit gagal jantung dan jantung koroner bisa diobati secara sempurna, pelaksanaan manajemen medis Akan sangat menolong dalam meredakan penyakit ini. Jenis-jenis obatnya berupa: obat pengurangan kebutuhan jantung terhadap oksigen, obat yang bila mengurangi jumlah kolesterol tubuh, serta obat yang dapat mempertebal arteri koroner. Beberapa cara untuk memastikan bahwa gagal jantung tidak terjadi adalah dengan cara diet ragam, olahraga secara rutin, mengurangi pikiran penyebab stres dan sebagainya. Memberlakukan konsep hidup higienis dan penggunaan obat-obatan juga sangat membantu dalam mengurangi risiko gagal jantung ataupun jantung koroner.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.