Pengobatan Penyakit Jantung bawaan pada Anak sebelum Terlambat

Pengobatan Penyakit Jantung bawaan pada Anak sebelum Terlambat – Jika anak Anda memiliki kelainan jantung bawaan, itu berarti bahwa anak Anda terlahir dengan masalah dalam struktur hatinya. Beberapa kelainan jantung bawaan pada anak-anak adalah sederhana dan tidak memerlukan pengobatan. Kelainan jantung kongenital lainnya pada anak-anak lebih kompleks dan mungkin memerlukan beberapa operasi yang dilakukan selama beberapa tahun. Mempelajari cacat jantung bawaan anak Anda dapat membantu Anda memahami kondisinya dan mengetahui apa yang dapat Anda harapkan dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Mengenal penyakit jantung pada anak

Sebelum mengetahui pengobatan penyakit jantung bawaan pada anak  alangkah baiknya Anda mengetahui penyakit jantung itu sendiri dan beberapa faktor yang menyebabkannya. Penyebab yang penyakit ini pada awal pertumbuhan anak Anda, namun faktor risiko lingkungan dan genetik tertentu dapat memainkan peran. Adapun faktor yang mempengaruhi penyakit jantung pad anak adalah:

3 Jenis Penyakit Jantung Pada Anak yang Sering Terjadi

Jenis Penyakit Jantung Pada Anak yang Sering Terjadi

  1. Terkena penyakit rubella ketika masa kehamilan dapat menyebabkan masalah dalam perkembangan jantung buah hati Anda. Dokter Anda dapat menguji Anda untuk kekebalan terhadap penyakit virus ini sebelum kehamilan dan memvaksinasi Anda melawannya jika Anda tidak kebal.
  2. Mengurangi risiko cacat jantung bawaan dapat Anda lakukan dengan mengendalikan diabetes secara saksama sebelum mapun dalam keadaan hamil.
  3. Obat-obatan. Penggunaan obat-obatan tertentu harus Anda perhatikan selama kehamilan karena hal ini dapat berdampak kepada janin Anda termasuk cacat jantung kongenital. Melakukan konsultasi dengan dokter Anda tentang daftar lengkap obat yang Anda ambil sebelum mencoba untuk hamil merupakan jalan yang terbaik.
  4. Minum alkohol selama kehamilan. Meningkatkan risiko cacat jantung kongenital dapat desebabkan pula oleh alkohol sehingga konsumsi alkohol sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil
  5. Tidak hanya alkohol, merokok selama kehamilan tidak diperbolehkan karena dapat meningkatkan kemungkinan cacat jantung kongenital pada bayi.
  6. Selain faktor di atas, genetik juga dipengaruhi oleh kelainan jantung kongenital yang kadang terjadi pada keluarga.

Tes genetik dapat mendeteksi gangguan seperti itu selama perkembangan janin. Jika Anda sudah memiliki anak dengan kelainan jantung bawaan, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli karena dapat diperkirakan bahwa anak Anda berikutnya akan memilikinya.

 

Pengobatan Sakit Jantung pada Anak

Penyakit jantung bawaan bisa saja mulai terlihat sejak usia dini bahkan ketika anak masih bayi.

Penyakit jantung bawaan bisa saja mulai terlihat sejak usia dini bahkan ketika anak masih bayi.

Kelainan jantung bawaan mungkin tidak memiliki efek jangka panjang pada kesehatan anak Anda dalam beberapa kasus, cacat tersebut dapat ditangani dengan aman. Cacat tertentu, seperti lubang kecil, bahkan dapat mengoreksi diri saat usia anak Anda. Namun, pengobatan penyakit jantung bawaan pada anak dibutuhakan waktu lama, segeralah bawah ke dokter setelah ditemukan. Tergantung pada jenis cacat jantung yang dimiliki anak Anda, dokter mengobati cacat jantung bawaan dengan:

  1. Prosedur menggunakan kateterisasi. Beberapa anak dan orang dewasa sekarang memiliki cacat jantung bawaan mereka diperbaiki menggunakan teknik kateterisasi, yang memungkinkan perbaikan harus dilakukan tanpa pembedahan dada dan jantung. Prosedur kateter sering dapat digunakan untuk memperbaiki lubang atau area penyempitan. Dalam prosedur yang dapat dilakukan dengan menggunakan kateterisasi, dokter memasukkan tabung tipis (kateter) ke vena kaki dan memandu ke jantung dengan bantuan gambar X-ray. Setelah kateter diposisikan di tempat cacat, alat-alat kecil yang berulir melalui kateter ke jantung untuk memperbaiki cacat.
  2. Operasi jantung terbuka. Tergantung pada kondisi anak Anda, ia mungkin perlu pembedahan untuk memperbaiki defek. Banyak cacat jantung kongenital yang dikoreksi menggunakan operasi jantung terbuka. Dalam operasi jantung terbuka, peti harus dibuka. Dalam beberapa kasus, bedah jantung invasif minimal mungkin menjadi pilihan. Jenis pembedahan ini melibatkan membuat sayatan kecil di antara tulang rusuk dan memasukkan instrumen melalui mereka untuk memperbaiki cacat.
  3. Transplantasi Hati. Jika kerusakan jantung yang serius tidak dapat diperbaiki, transplantasi jantung dapat menjadi pilihan.
  4. Obat-obatan. Beberapa kelainan jantung bawaan yang ringan, terutama yang ditemukan kemudian di masa kanak-kanak atau dewasa, dapat diobati dengan obat yang membantu jantung bekerja lebih efisien.
  5. Terkadang, kombinasi perawatan diperlukan. Selain itu, beberapa kateter atau prosedur bedah harus dilakukan secara bertahap, selama beberapa tahun. Orang lain mungkin perlu diulang saat seorang anak tumbuh.

 

Penyakit Jantung pada anak terjadi akibat masalah pada awal perkembangan jantung mereka. Pengobatan penyakit jantung bawaan pada anak dapat dilakukan sejak dini, sehingga tidak memperparah penyakit yang diderita.

 

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.