Beragam Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan Tanpa Operasi

Beragam Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan Tanpa Operasi – Sekitar 8-10 anak-anak dari 100 dipengaruhi oleh cacat jantung kongenital, meskipun banyak anak yang didiagnosis dengan kondisi ini memerlukan pembedahan, beberapa tidak. Umumnya, kami mengobati cacat jantung kongenital salah satu dari dua cara: baik dengan prosedur operasi atau kateter. Tergantung pada kompleksitas cacat, beberapa anak mungkin memerlukan beberapa prosedur dari waktu ke waktu. Pilihan perawatan yang tepat bergantung pada beberapa faktor, seperti kesehatan, usia, dan ukuran anak secara keseluruhan.

Penyakit jantung kongenital, atau cacat jantung kongenital, adalah kelainan jantung yang terjadi saat lahir. Masalahnya dapat memengaruhi, dinding jantung, katup jantung, dan pembuluh darah. Ada banyak jenis cacat jantung kongenital yang dapat berkisar dari kondisi sederhana. Hal ini tidak menyebabkan gejala hingga masalah kompleks yang menyebabkan gejala berat yang mengancam jiwa.

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan

Membesarkan Anak Dengan Cacat Jantung Bawaan

Membesarkan Anak Dengan Cacat Jantung Bawaan


Kelainan jantung kongenital sering terdeteksi selama USG kehamilan. Jika dokter Anda mendengar detak jantung yang tidak normal, misalnya, mereka dapat menyelidiki masalahnya lebih jauh dengan melakukan tes tertentu. Ini mungkin termasuk echocardiogram, X-ray dada, atau scan MRI. Jika diagnosis dibuat, dokter Anda akan memastikan spesialis yang sesuai tersedia selama pengiriman.

Bayi dengan kadar oksigen berkurang mungkin mengalami sesak napas dan warna kebiruan pada kulit mereka. Bayi yang memiliki cukup oksigen dalam darahnya tidak menunjukkan gejala-gejala ini, tetapi mereka mungkin masih mengalami komplikasi di kemudian hari, seperti tekanan darah tinggi.

 

Macam-Macam Pengobatan Tanpa Operasi

Pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi untuk cacat jantung kongenital tergantung pada jenis dan tingkat keparahan defek. Beberapa bayi memiliki cacat jantung ringan yang sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Orang lain mungkin memiliki cacat parah yang memerlukan pengobatan ekstensif. Dalam kasus ini, pengobatan mungkin termasuk yang berikut:

  1. Obat-obatan. Ada berbagai obat yang dapat membantu jantung bekerja lebih efisien. Beberapa juga dapat digunakan untuk mencegah pembekuan darah dari pembentukan atau untuk mengendalikan detak jantung yang tidak teratur.
  2. Perangkat Jantung Implan. Beberapa komplikasi yang terkait dengan cacat jantung bawaan dapat dicegah dengan penggunaan perangkat tertentu, termasuk alat pacu jantung dan implan cardioverter defibrillator (ICDs). Alat pacu jantung dapat membantu mengatur detak jantung yang tidak normal, dan ICD dapat memperbaiki denyut jantung tidak teratur yang mengancam jiwa.
  3. Prosedur Kateter. Teknik kateterisasi memungkinkan dokter untuk memperbaiki cacat jantung kongenital tertentu tanpa pembedahan membuka dada dan jantung. Selama pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi ini, dokter akan memasukkan tabung tipis ke pembuluh darah di kaki dan membimbingnya ke jantung. Setelah kateter berada pada posisi yang benar, dokter akan menggunakan alat kecil yang diinjak melalui kateter untuk memperbaiki defek.

Beberapa cacat tidak menyebabkan gejala apa pun hingga anak menjadi dewasa, sehingga diagnosis dan pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi dapat tertunda. Dalam kasus ini, gejala cacat jantung kongenital yang baru ditemukan seperti, sesak napas, sakit dada, kemampuan yang berkurang untuk berolahraga, dan mudah lelah.

Mengenali Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Mengenali Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Pengobatan untuk penyakit jantung bawaan pada orang dewasa juga dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan cacat jantung. Beberapa orang mungkin hanya perlu memantau kondisi mereka dengan ketat, dan yang lain mungkin memerlukan obat-obatan dan operasi.

Dalam beberapa kasus, jika cacat yang Anda alami diobati pada masa kanak-kanak kemungkinan dapat menimbulkan masalah lagi di masa dewasa. Perbaikan asli mungkin tidak lagi efektif atau cacat awal mungkin menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Jaringan parut yang berkembang di sekitar perbaikan asli juga dapat menyebabkan masalah, seperti aritmia jantung.

Terlepas dari situasi Anda, penting untuk terus mengunjungi dokter Anda untuk pengobatan lanjutan. Pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi mungkin tidak menyembuhkan kondisi Anda, tetapi dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan yang aktif dan produktif. Ini juga akan mengurangi risiko Anda untuk komplikasi serius, seperti infeksi jantung, gagal jantung, dan stroke.

 

Kelainan jantung yang terjadi saat lahir memengaruhi, dinding jantung, katup jantung, dan pembuluh darah. Pengobatan penyakit jantung bawaan tanpa operasi dapat dilakukan dengan melalui obat-obatan medis dan lainnya seperti menggunakan perangkat jantung implan, atau prosedur kateter.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.