Tanda dan Gejala Sakit Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang punya fungsi penting. Di dalam tubuh manusia terdapat dua buah ginjal yang berperan sebagai organ ekskresi. Eksresi merupakan sistem pembuangan racun dari dalam tubuh dalam bentuk air seni, oleh karena itu sistem ini sendiri mutlak diperlukan. Anda bisa bayangkan jika racun di dalam tubuh tidak dibuang keluar, bukan?

Sementara itu, air seni diproduksi dari menit ke menit secara terus-menerus di ginjal Jika sudah cukup banyak urine ada di kandung kemih maka inilah yang menimbulkan rangsangan ingin buang air kecil, yang kemudian dikeluarkan melalui uretra (saluran menuju alat kelamin). Selain sebagai organ sekresi, fungsi ginjal lainnya adalah mempertahankan volume dan tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, mengatur kondisi kalsium pada tulang dan membuahkan hormon seperti erythropoietin (atau epo), reni dan vitamin D aktif.

Kenali Tanda dan Gejala Sakit Ginjal

Jika terjadi kerusakan/gangguan fungsi  ginjal maka akan timbul tanda dan gejala (sakit) ginjal. Tanda awalnya memang tidak begitu kelihatan namun masih bisa kita perhatikan, apa saja?

Ruam-ruam pada kulit dan gatal

Mengapa terjadi ruam-ruam pada kulit dan terasa gatal? Ini karena fungsi ginjal membuang kotoran dari tubuh tidak bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, terjadi penumpukan limbah (semisalnya urea) pada tubuh yang menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, kaki dan sebagainya. Pembengkakan tersebut diikuti oleh ruam-ruam dan gatal.

Sesak napas

Anda tidak punya gejala asma tetapi Anda merasa sesak napas. Hal ini dikarenakan dua hal: yang pertama sejumlah cairan masuk ke saluran paru-paru dan mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen pada sel darah merah. Ini dikarenakan proses pernapasan kita juga berkaitan dengan ginjal. Gejala ini juga berpengaruh pada konsentrasi dan kepala jadi sering pusing karena kebutuhan oksigen tidak tercukupi secara maksimal. Tidak hanya itu, Andapun bisa merasa menggigil karena anemia tersebut.

Sakit di bagian pinggang

Nah, tanda dan gejala sakit ginjal yang paling kentara adalah sakit di bagian pinggang. Rasa nyeri mungkin sesekali pada awal-awal namun bisa semakin sering terjadi. Hal ini juga diikuti dengan rasa sakit ketika buang air kecil dan air urine menjadi lebih pekat.

Bagaimana jika tanda dan gejala sakit ginjal yang disebutkan di atas Anda alami? Segera lakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko lebih lanjut. Beberapa di antaranya adalah ubah pola gaya hidup Anda, dari yang selama ini bisa jadi kurang sehat — menjadi lebih sehat. Sebagai contoh: Perbanyakan minum air putih dibandingkan minuman lainnya, konsumsi serat (fiber) dalam jumlah yang cukup, kurangi makanan asin dan berlemak, selalu menjaga perubahan berat badan, lakukan aktivitas fisik yang teratur, kurangi rokok dan alkohol dan juga periksa tekanan darah Anda. Dengan begitu, fungsi ginjal akan terjaga dengan baik dan risiko sakit ginjal dapat diminimalisir.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.