Membuat Obat Alami Sakit Maag Sendiri Dirumah

Maag kadangkala menjadi hal yang sangat menyiksa sekali bagi sebagian orang. Penyakit ini juga sering dikenal dengan nama tukak lambung atau radang lambung. Penyebab dari maag sebagian besar adalah karena kebiasaan buruk yang jarang makan teratur, stres berkepanjangan, pengonsumsian obat-obatan tertentu dan sebab lainnya. Bila tidak segera ditangani, maag bisa berujung pada penyakit lainnya yang tentu lebih berbahaya. Berikut ini adalah beberapa obat alami sakit maag yang bisa Anda buat sendiri dirumah!

Obat Alami Sakit Maag dengan Lidah Buaya

Untuk menghambat sekresi asam lambung, Anda dapat memanfaatkan magnesium laktat dan aloenin yang banyak tersedia dalam daun lidah buaya. Cara membuat obat alami sakit maag yang terbuat dari lidah buaya adalah dengan mengambil gel lidah buaya dari satu lembar daun lidah buaya yang sudah dibersihkan. Minum gel tersebut, paling tidak 2 kali dalam satu hari. Jika tidak suka dengan rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

Obat Alami Sakit Maag dari Kunyit

Sejak tahun 1953, dikatakan bahwa sifat-sifat kunyit memiliki kemampuan dalam menyembuhkan luka. Dalam sebuah studi kasus untuk tukak lambung, sekitar 88% pasien yang diberi pengobatan dengan pil kunyit menunjukkan kondisi yang membaik dalam 12 minggu pengobatan. Anda juga bisa loh membuat obat ini sendiri dirumah. Caranya adalah dengan mengupas dan membersihkan dua jari tangan kunyit. Haluskan dengan cara diparut dan tambahkan sedikit air matang secukupnya. Pakai kain bersih untuk memeras air sari dari ramuan kunyit ini. Minum sekiranya dua kali dalam sehari, masing-masing satu gelas. Akan lebih baik jika Anda meminumnya pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

Obat Alami Sakit Maag dari Kemangi

Bila sekilas melihat tanaman ini, mungkin Anda tidak tau jika ini merupakan tanaman obat yang berkhasiat dalam mengobati sakit maag. Mudah ditemui hampir di seluruh pulau Jawa, kemangi hutan biasanya memiliki tinggi 0,3 – 1,5 m dan berupa pardu bercabang atau terna.

Obat Alami Sakit Maag dari Daun Cincau

Daun cincau memiliki kandungan yang mampu meredakan rasa sakit karena sifatnya sebagai anti-inflamasi. Cukup cuci bersih satu genggam daun cincau dan giling halus. Tambahkan air masak secukupnya dan saring. Tambahkan air kapur sirih secukupnya agar ramuan ini dapat mengental. Anda bisa menambahkan sirup, madu, atau gula agar rasanya lebih baik. Minum ramuan ini setidaknya tiga kali dalam satu hari, masing-masing dengan dosis satu gelas.

Obat Alami Sakit Maag dari Kamomil

Tanaman kamomil mungkin lebih dikenal dengan nama teh kembang di daerah jawa barat. Bunga yang sudah dikeringkan ini sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk teh hijau. Cobalah seduh satu sendok teh bungan kamomilia dengan 150 ml air matang. Setelah didinginkan selama kurang lebih 5 – 10 menit, minumlah teh ini. Anda bisa meminum teh kamomil setidaknya 3 – 4 kali dalam sehari.

Obat Alami Sakit Maag dari Meniran

Anda mungkin akan dengan mudah menemukan tanaman ini di tempat-tempat berbatu dan lembab. Cuci bersih segenggam daun meniran dan rebus bersama dengan 3 gelas air bersih. Rebuslah hingga sekiranya volume air tinggal setengah. Setelah disaring, dinginkan dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Demikianlah beberapa obat alami sakit maag yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.