Tips Pintar dan Mudah Menjalani Diet Diabetes

Penyakit diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah seseorang lebih tinggi dibanding keadaan normalnya. Penyebab dari diabetes tentulah bervariasi, sesuai dengan jenisnya. Kerusakan pankreas adalah penyebab utama dari diabetes tipe 1, dan resistensi insulin adalah penyebab utama pada diabetes tipe 2. Sedangkan diabetes yang sering terjadi pada ibu hamil, atau disebut dengan gestational diabetes, adalah kondisi dimana perubahan hormon dapat mempengaruhi kadar darah dalam tubuh.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal adalah dengan melakukan diet diabetes. Mengapa disebut diet diabetes? Karena ini adalah diet yang mengutamakan makanan-makanan sehat yang boleh dimakan oleh penderita diabetes.

Merancang Menu Diet Diabetes Terbaik

Tidak perlu menyewa jasa seorang ahli gizi kok untuk membuat menu diet diabetes yang sesuai untuk Anda. Apalagi jika Anda sedang ingin berhemat. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda gunakan dalam merancang menu diet milik Anda sendiri.

Ikuti panduan GI (Glycemix Indeks) untuk terus memantau asupan karbohidrat harian Anda.
Lupakan nasi putih biasa dan mulailah menggantinya dengan nasi dari beras merah, kentang yang dioven, gandum utuh, roti gandum, dan oatmeal.
Penuhi asupan protein Anda dengan mengonsumsi daging ayam tanpa kulit, sirloin, ikan kukus, dan kacang kedelai.
Agar pencernaan Anda tetap bekerja dengan semestinya, cobalah untuk memasukan sayur-sayuran dalam diet diabetes yang Anda jalani. Beberapa diantaranya adalah mentimun, selada, dan kol. Akan lebih baik jika dikonsumsi sebagai lalapan.
Perbanyak pula mengonsumsi buah-buahan segar yang mengan glukosa alami.
Lindungi ginjal Anda dengan mengindari makanan yang bersodium tinggi, terutama makanan kaleng yang mengandung banyak sekali pengawet. Diet rendah sodium juga baik untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil.

Mengenali Mitos Diet Diabetes

Tidak semua orang mengerti betul tentang diabetes. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya mitos tentang diet diabetes yang dianggap wajar oleh banyak orang, bahkan penderita diabetes. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Terlalu Banyak Gula Dapat Menyebabkan Diabetes: Ini merupakan pernyataan yang sangat salah. Diabetes tidak disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gula, melainkan kelainan pada insulin dan organ pankreas. Pada diabetes tipe 1, kerusakan kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi cukup hormon insulin yang digunakan untuk memproses gula dalam darah. Berbeda dengan diabetes tipe 2, dimana terjadi resistensi insulin karena kelainan imun tubuh.
Protein Lebih Baik Dari Karbohidrat: Benar, namun tidak baik juga jika dikonsumsi secara berlebihan. Kebanyakan sumber makanan yang mengandung protein juga mengandung lemak yang bisa meningkatkan resiko penyakit lainnya.
Tidak Bisa Lagi Merasakan Makanan Penutup: Tentu saja pernyataan ini salah! Anda masih bisa kok merasakan makanan penutup dalam diet diabetes Anda dengan sedikit mensiasatinya. Hindari makanan penutup yang sarat akan gula dan buat makanan penutup Anda menjadi lebih bergizi. Misalnya saja dengan menggunakan yoghurt rendah lemak yang menggunakan buah-buahan sebagai topingnya.

Itulah dia sedikit informasi seputar diet diabetes dan mitos-mitos yang menyertainya. Barengi diet diabetes Anda dengan gaya hidup yang baik, seperti tidur cukup, rutin olahraga, menghindari rokok, dan banyak mengonsumsi cairan. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat, terutama untuk Anda para penderita diabetes!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.