Tanaman Obat untuk Diabetes

Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia memiliki potensi besar sebagai sumber tumbuhnya berbagai macam obat alami. Berbagai tanaman dapat diolah menjadi obat-obatan alami yang sangat manjur. Salah satu tanaman yang banyak tumbuh di negeri ini adalah tanaman obat untuk diabetes. Selain itu tentunya ada banyak sekali bahan alami lainnya yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Sejak zaman nenek moyang kita, tanaman tradisional yang tumbuh subur di lingkungan kita sudah dimanfaatkan dengan baik sebagai bahan tradisional untuk mengobati sebuah penyakit. Namun kini semenjak obat berbahan kimia mulai menguasai, tanaman-tanaman berguna ini mulai dilupakan dan dianggap sebagai tanaman yang tidak berguna. Generasi muda akhirnya banyak yang lupa akan berbagai macam tanaman yang berkhasiat untuk dijadikan obat. Akan tetapi obat berbahan kimia yang banyak beredar sekarang ternyata menimbulkan beberapa efek samping sehingga mulai membuat khawatir semua orang.

Tanaman Obat untuk Diabetes

Dari banyaknya efek samping obat berbahan kimia itu, muncullah pengobatan herbal yang menggunakan bahan-bahan alami. Tanaman obat untuk berbagai macam penyakit mulai dicari kembali dan diolah dengan resep dari leluhur yang terlupakan. Salah satu tanaman yang laris dicari adalah tanaman obat untuk diabetes. Ya, diabetes merupakan salah satu penyakit yang berkembang dengan cepat. Selain banyaknya mengonsumsi makan dengan kadar gula tinggi, pola hidup yang kurang sehat membuat penyakit ini mulai diderita banyak orang.

Ada beberapa tanaman obat untuk diabetes yang biasanya digunakan. Tanaman-tanaman ini adalah:

Mengkudu

Buah dengan rasa yang sedikit aneh ini memang kurang bisa dimanfaatkan dengan baik. Bahkan dianggap bukanlah tanaman menguntungkan karena buahnya tidak enak untuk dimakan. Padahal buah ini ternyata memiliki khasiat untuk menekan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Untuk mengolahnya menjadi obatpun sangatlah mudah, cukup menyiapkan satu buah mengkudu lalu bersihkan. Setelah itu hancurkan dengan menggunakan blender. Setelah halus minumlah satu kali sehari. Rasanya memang kurang begitu enak, tapi sebagai obat ya harus siap merasakan kurang enaknya ya.

Kacang Panjang

Sayuran yang biasa dijadikan sebagai lalapan atau campuran lauk lainnya ini ternyata memiliki manfaat bagi penderita penyakit diabetes. Kacang panjang ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Kacang panjang ini dapat diolah menjadi jus dan dapat diminum 4 kali sehari. Jika diminum dengan teratur maka akan dapat menetralkan kadar gula dalam darah.

Jambu Biji

Buah ini sudah pasti tidak asing lagi di Indonesia. Jambu biji dapat tumbuh di mana saja dan mudah sekali didapatkan. Jambu biji berkhasiat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah bagi penderita diabetes. Untuk pengolahannya ambillah satu buah jambu biji yang setengah matang lalu rebus dengan air. Air rebusan jambu biji inilah yang bisa diminum untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

Itulah tadi beberapa tanaman obar untuk diabetes yang sangat mudah untuk didapatkan. Tidak perlu repot mencarinya karena di sekitar kita bahan-bahan itu mudah ditemukan.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.