Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Ada banyak penyebab penyakit diabetes melitus dapat menyerang kita di era modern seperti sekarang ini. Penyakit yang disebabkan oleh tidak terkontrolnya kadar gula di dalam darah ini memang setiap tahun selalu meningkat. Peningkatan penderitanya cukup signfikan tidak hanya di dunia tapi juga di negara Indonesia. Oleh sebab itulah kewaspadaan perlu ditingkatkan agar tubuh tidak terkena penyakit gula ini.

Seperti diketahui penyakit diabetes bukanlah penyakit sembarangan karena dapat mengakibatkan berbagai macam masalah di belakangnya. Karena kadar gula di dalam darah yang tidak terkontrol, maka sistem kekebalan tubuh mulai melemah sehingga penderita diabetes akan sangat mudah terserang penyakit. Proses penyembuhan diri pasca terluka seperti tergores ataupun yang lainnya juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga akan membahayakan diri karena dapat mengakibatkan infeksi pada luka tersebut.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Karena berbahayanya penyakit tersebut, perlu ada pencegahan agar penyakit ini tidak menyerang tubuh kita. Mengenali berbagai macam penyebab penyakit diabetes melitus adalah salah satu cara mencegah penyakit itu datang. Dengan mengenali berbagai macam penyebabnya, maka kita akan dapat mencegah datangnya penyakit membahayakan ini. berikut ini penyebab penyakit diabetes melitus.

Kurang Gerak

Bukan rahasia lagi kalau banyak pekerjaan kantor yang hanya diselesaikan dengan duduk-duduk saja. Duduk terlalu lama di depan komputer, lebih memilih lift untuk menuju ruangan kantor daripada tangga, malas berolahraga dapat memicu penyakit diabetes. Ketika tubuh sedikit sekali bergeraknya, maka akan semakin sedikit pula kalori di dalam tubuh kita yang terbakar. Sehingga akan meningkatkan resiko penyakit diabetes itu menyerang kita. Oleh karena itu biasakanlah menggerakkan badan agar otot terlatih. Selain menghindarkan tubuh dari penyakit diabetes, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi sehat serta membentuk tubuh menjadi atletis.

Mengonsumsi Karbohidrat Sederhana Berlebihan

Karbohidrat sederhana adalah salah satu hal yang menyebabkan kadar di dalam darah meningkat. Karbohidrat sederhana ini biasanya terdapat pada minuman dan makanan seperti roti, cake, minuman bersoda dan juga sirup. Makanan dan minuman ini memang sulit sekali dihindari karena produknya yang semakin bertambah saja jumlahnya. Padahal makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat sederhana tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Kadar gula di dalam darah akan meningkat sehingga menyebabkan penyakit diabetes datang menyerang tubuh kita.

Waktu Tidur yang Kurang

Tubuh yang kurang tidur akan membuat tubuh menjadi letih dan lesu di pagi hari. Semangat kerja dan belajar tentunya akan mengalami penurunan juga. Selain itu kurang tidur ternyata juga dapat mengakibatkan kadar insulin di dalam tubuh menurun. Kadar insulin yang menurun inilah yang menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit diabetes melitus.

Selain kebiasan-kebiasan kurang baik di atas, terlalu banyak beban pikiran atau stress serta kebiasaan merokok juga menjadi penyebab penyakit diabetes melitus penyerang tubuh kita. Kunci untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.