Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab diabetes melitus – penyakit ini terbagi menjadi dua tipe yakni diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Nah, mari kita kupas mengenai penyebab diabetes melitus dari kedua tipe ini.

Pertama, mari kita bahas penyakit diabetes melitus tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah sejenis penyakit autoimun yang dimana sistem imun tubuh sendiri menyerang dan merusak sel penghasil insulin yang ada di pankreas. Memang belum diketahui pasti apa penyebab keadaan autoimun ini namun bukti-bukti menunjukkan bahwa faktor lingkunngan dan genetik berperan terhadap penyakit ini. Namun meski demikian, penyakit diabetes tipe 2 lebih banyak disebabkan oleh faktor genetik.

Diabetes melitus tipe 2 diduga disebabkan oleh kombinasi faktor lingkungan dan faktor genetik. Banyak pasien diabetes melitus tipe 2 punya anggota keluarga yang ternyata juga mengalami penyakit yang sama yakni diabetes melitus tipe 2, atau bisa pula masalah kesehatan yang terkait dengan diabetes seperti kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi ataupun obesitas. Keturunan ras Hispanik, Afrika juga Asia punya kecenderungan tinggi mengalami penyakit diabetes melitus tipe 2. Sementara itu, faktor lingkungan yang menyebabkan risiko tinggi menderita penyakit diabetes tipe 2 adalah makanan yang dikonsumsi dan polanya serta aktivitas kita sehari-hari.

Berikut faktor risiko penyebab diabetes melitus tipe 2:

Riwayat keluarga inti mengalami penyakit diabetes tipe 2 pula, yakni misal orang tua ataupun kakak atau adik.
Tekanan darah tinggi yakni >140/90 mmHg.
Riwayat Toleransi Glukosa Terganggu atau sering dikenal dengan istilah TGT ataupun Glukosa Darah Puasa Terganggu dikenal dengan istilah GDPT.
Dislipidemia atau suatu kondisi dimana kadar trigliserida (lemak) dalam darah sangat tinggi yakni > 150 mg/dl atau kadar kolesterol HDL kurang yakni < 40 mg/dl.
Terdapat riwayat penderita diabetes gestasional atau riwayat melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,5 kg.
Konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi kalori secara berlebihan.
Gaya hidup tidak aktif, atau jarang melakukan aktivitas fisik.
Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, yakni berat badan hingga 120% dari berat badan ideal.
Riwayat pernah menderita polycystic ovarian syndrome, dan terjadi juga resistensi insulin.
Faktor usia yakni berada di usia lebih dari 45 tahun punya risiko tinggi mengalami penyakit diabetes melitus.

Melihat penyebab diabetes melitus yang telah disebutkan di artikel ini, kita tentu jadi lebih berhati-hati untuk menghindari faktor pemicunya, bukan? Ya, dengan melihat riwayat keluarga dan semakin waspada terhadap berbagai faktor pemicunya, kita bisa menghindari penyakit yang disebut-sebut “pembunuh senyap” ini. Jalankan pola hidup sehat dan lakukan aktivitas fisik akan semakin membantu tubuh kebal terhadap gejala-gejala dan penyebab penyakit diabetes melitus! Salam sehat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.