Pengobatan Diabetes Melitus secara Non Farmakologi dengan Konsumsi Makanan Sehat

Pengobatan Diabetes Melitus secara Non Farmakologi dengan Konsumsi Makanan Sehat- Diabetes mellitus adalah penyakit progresif kronis, ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dengan kecenderungan untuk mempengaruhi beberapa sistem dan dapat berkembang menjadi kerusakan permanen pada organ vital tubuh. Sesuai data WHO, sekitar 422 juta orang di seluruh dunia terkena diabetes mellitus. Ini telah muncul sebagai pandemi dengan kecenderungan yang meningkat, terutama di negara-negara berpendapatan menengah. Keadaan ini memberikan dorongan kepada petugas medis dalam mengembangkan pengobatan diabetes melitus secara non farmakologi atapun farmakologi.

Mengenal Jenis Diabetes Melitus

Ada beberapa jenis Diabetes yang harus Anda ketahui di antaranya:

  1. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan membunuh sel-sel beta pankreas. Akibatnya, gula menumpuk di dalam darah alih-alih digunakan sebagai energi. Sekitar 10 persen orang dengan diabetes mengidap diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 umumnya berkembang di masa kanak-kanak atau remaja, tetapi bisa berkembang di masa dewasa.
  2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dilepas (yang disebut insensitivitas insulin) atau tidak menghasilkan cukup insulin. Akibatnya, gula menumpuk di dalam darah alih-alih digunakan sebagai energi. Sekitar 90 persen orang dengan diabetes mengidap diabetes tipe 2.
  3. Jenis ketiga diabetes, gestational diabetes, adalah kondisi sementara yang terjadi selama kehamilan. Antara tiga hingga 20 persen wanita hamil mengalami diabetes gestasional, tergantung pada faktor risikonya. Memiliki gestational diabetes dapat meningkatkan risiko diabetes untuk ibu dan anak.
farmakologi dan non farmakologi diabetes melitus

farmakologi dan non farmakologi diabetes melitus

Non Farmakologi atasi Diabetes Melitus

Jika farmakologi pengobatannya menggunakan obat-obatan secara medis, namun sebaliknya pengobatan diabetes melitus secara non farmakologi ini dilakukan tanpa obat medis sehingga dianggap aman dalam penggunaanya. Salah satunya dengan makanan sehat, namun tidak semua makanan sehat diciptakan sama. Hijau mungkin baik untuk Anda, tetapi nutrisi didalamnya tidak sebanyak yang ada di kale, bayam, dan chard. Selain kandungan nutrisi, indeks glikemik (GI) makanan juga dapat membantu Anda membuat pilihan yang sehat.

GI mengukur seberapa cepat makanan akan meningkatkan gula darah. Secara umum, makanan GI rendah adalah pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes. Makanan yang bergizi dan memiliki GI rendah sangat membantu dalam mengelola kesehatan dan kadar glukosa darah. Adapun pengobatan diabetes melitus secara non farmakologi adalah:

 

  1. Sayuran non-tepung memiliki lebih sedikit karbohidrat per porsi

Kategori sayuran ini sangat membantu dalam memuaskan rasa lapar Anda dan meningkatkan asupan vitamin, mineral, serat, dan fitokimia Anda. Sayuran ini juga rendah kalori dan karbohidrat, membuat mereka beberapa dari beberapa makanan yang orang dengan diabetes dapat menikmati hampir dengan meninggalkan.

  1. Susu dan Yoghurt Non-Fat atau Low-Fat

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan yang baik. Salah satu perannya adalah menjaga tulang tetap sehat, namun banyak dari kita tidak mendapatkan sebanyak yang kita butuhkan. Makanan olahan non-lemak, termasuk susu dan yogurt, diperkaya dengan vitamin D.

  1. Tomat

Entah dimakan mentah atau dimasak, tomat penuh dengan likopen. zat kuat yang terdapat pada likopen dapat mengurangi risiko kanker (terutama kanker prostat), penyakit jantung, dan degenerasi makula.

  1. Blueberry dan Berries Lainnya

Dari vitamin C penglihatan hingga serat pengisi, blueberry adalah pembangkit tenaga antioksidan. Buah ini memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi dari buah atau sayuran dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

  1. Jeruk dan Jeruk Lainnya

Bubur jeruk dan grapefruit menyediakan sumber serat yang bagus. Untuk memaksimalkan ini, pastikan untuk memakan buah utuh daripada meminum jus.

terapi non farmakologi diabetes melitus

terapi non farmakologi diabetes melitus

Pengobatan diabetes melitus secara non farmakologi dianggap sebagai makanan dan obat yang dapat membantu Anda mengatasi diabetes. Kandungan zat yang terdapat didalamnya akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk bisa sembuh.

 

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.