Pantangan Penderita Diabates

Untuk menjaga kesehatannya, penderita penyakit ini harus mematuhi pantangan penderita diabetes. Pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh penderita diabetes kebanyakan adalah makanan dan minuman. Makanan dan minuman tertentu tidak boleh dikonsumsi oleh mereka karena akan membuat kadar gula meningkat kembali. Minuman kaleng dan mengandung soda merupakan salah satu minuman yang tidak boleh diminum. Makanan dengan kadar gula tinggi juga harus dihindari. Bahkan nasi putihpun sebisa mungkin diganti dengan nasi merah karena nasi putih mengandung gula yang membahayakan bagi penderita diabetes.

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Pantangan penderita diabetes tidak berhenti di situ saja. Ada beberapa pantangan lain yang harus dipatuhi oleh penderita penyakit gula ini. Apa saja pantangan itu? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Olahraga Terlalu Berat dan Berlebih

Aktivitas fisik satu ini memang tidak dipungkiri memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Otot tubuh akan terlatih sehingga akan membuat tubuh menjadi bugar. Lemak jahat akan terbakar dengan aktivitas fisik ini. Bagi penderita diabetes, olahraga juga dianjurkan untuk dilakukan dengan teratur. Meskipun begitu, perlu diperhatikan jenis olahraga yang dipilih. Bagi penderita diabetes, kondisi fisiknya jauh berbeda dengan orang normal. Jadi untuk berolahraga pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat dan berlebihan. Jangan memaksakan diri karena akan membuat tubuh menjadi lemas. Tubuh yang lemas tentunya akan membuat penderita akan kesusahan. Frekuensi olahraga juga harus diperhatikan karena kondisi tubuh lambat laun akan melemah. Kalau dipaksakan kondisi tubuh akan mengalami masalah yang mengkhawatirkan. Rekomendasi olahraga yang cocok bagi penderita diabetes adalah dengan bersepeda!

Hindari Makan Buah dengan Kandungan Gula

Buah memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. meskipun begitu, bagi penderita diabetes, ada beberapa buah yang pantang untuk dimakan. Buah-buahan yang dilarang untuk dimakan itu adalah pisang, nangka, mangga, durian dan sirsak. Buah-buahan ini kandungan gulanya terlalu tinggi. Gantilah buah-buahan di atas dengan alpukat, apel, pir ataupun jeruk. Buah-buahan ini kandungan gulanya cukup sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan Instan Yang Berkarbohidrat Tinggi

Makanan instan saat ini sangat mudah dijumpai, bahkan jumlahnya lebih banyak daripada makanan sehatnya. Bagi penderita diabetes hindari mengonsumsi makanan jenis ini. Makanan cepat saji mengandung sedikit nutrisi sehingga tidak akan berguna bagi tubuh kita. Karena asupan nutrisi yang berkurang, maka organ tubuh akan mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya. Kalau fungsi tubuh menurun, maka kesehatan tubuh juga akan mengalami kendala. Inilah yang membahayakan bagi penderita diabetes karena akan membuat tubuh menjadi lemah. Teknologi kedokteran saat ini telah melakukan klasifikasi terhadap makanan dengan parameter seberapa mudah larut makanan tersebut dan diolah menjadi gula darah.

Kurangi Makanan dengan Karbohidrat Sederhana

Makanan dengan karbohidrat sederhana harus mulai dikurangi jika diabetes mulai menyerang. Karbohidrat sederhana akan membuat kadar gula naik dengan cepat. Kadar gula yang tiba-tiba naik adalah momok yang menakutkan bagi penderita diabetes. Indeks Glikemik pada makanan adalah sebuah satuan yang sejatinya sudah digunakan oleh kedokteran eropa dan amerika. Bagi penderita diabetes, sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sehingga tidak mudah lapar, dan tetap menjaga kadar gula darah stabil.

Itulah beberapa pantangan diabetes yang harus dihindari. Dengan mematuhi pantangan itu maka akan menjaga kondisi tubuh itu sendiri.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.