Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes

Manfaat kayu manis untuk diabetes – mungkin selama ini Anda hanya mengenal kayu manis sebagai bumbu masakan ataupun untuk minuman. Mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan kayu manis, kayu manis adalah ekstrak dari kulit pohon kayu manis yang juga disebut cinnamon.

Penelitian baru-baru ini mendapati bahwa penderita penyakit diabetes tipe 2 yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan kayu manis memiliki kadar glukosa plasma puasa yang lebih rendah ketimbang yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut. Tidak hanya itu, penelitian yang sama mendapati bahwa kayu manis punya manfaat penting untuk kesehatan jantung seperti misalnya mengurangi kolesterol total, kolesterol buruk atau LDL, dan juga trigliserida, kemudian meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Dalam percobaan tersebut, dilakukan terhadap 543 pasien dengan penyakit diabetes tipe 2. Penelitian ini membandingkan antara orang yang mengonsumsi pil degan kandungan kayu manis berdosis 120 miligram sampai 6 gram perhari dalam waktu 4-18 minggu, dengan pasien yang tidak mengonsumsi pil kayu manis. Para pasien dianjurkan untuk mengonsumsi sebelum, selama dan setelah makan dan dilakukan sepuluh kali percobaan. Hasil yang ditemukan adalah kayu manis memberi manfaat terhadap kadar glukosa dalam darah dan kolesterol.

Memang terdapat beragam hasil penelitian terhadap manfaat kayu manis untuk diabetes. Studi yang dilakukan pada tahun 2008 menjelaskan bahwa tidak ada pengaruh kayu manis terhadap gula darah dan kolesterol. Namun, pada analisis terbaru yang melibatkan penderita diabetes didiapati bahwa kayu manis dapat meningkatkan aktivitas insulin dan mengontrol glukosa dalam darah dengan lebih baik.

Memperoleh Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes

Dari beragam penelitian tersebut, manfaat kayu manis untuk diabetes dapat Anda rasakan sendiri. Caranya adalah mengonsumsi kayu manis itu sendiri. Bagaimana caranya? Berikut saran penyajian kayu manis yang bisa Anda coba:

Teh Madu Kayu Manis

Anda bisa mencampurkan bubuk kayu manus dengan air teh hangat yang telah dicampur dengan madu murni.

Teh Kayu Manis

Cara ini lebih simpel karena yang Anda butuhkan adalah sejumput bubuk kayu manis ataupun sepotong kecil kayu manis yang kemudian dicampirkan dalam teh selama kira-kira 10 menit. Jangan lupa untuk menutup cangkir tersebut.
Saran penyajiannya mudah, bukan? Namun perlu diperhatikan manfaat kayu manis untuk diabetes juga harus dengan dosis yang tidak berlebihan. Ini karena risiko konsumsi kayu manis dengan dosis berlebih bisa menjadi racun, terutama hati. Untuk itu, bagi anak-anak dan wanita hamil dan menyusui tidak disarankan untuk menggunakan kayu manis sebagai pengobatan. Andapun bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai manfaat kayu manis untuk diabetes. Dengan begitu, pengobatan yang Anda jalani lebih terjamin. Salam sehat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.