Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Menemukan makanan sehat untuk penderita diabetes memang gampang-gampang susah. Sedperti diketahui penderita diabetes harus menghindari makanan dengan kadar gula berlebih. Penderita diabetes memang mengalami masalah kadar gula di dalam darah yang cukup tinggi, sehingga kalau mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang berlebihan maka akan membahayakan dirinya sendiri. Untuk mengatasi masalah kadar gula dalam darah yang tinggi ini, tindakan medis memang diperlukan. Akan tetapi langkah ini akan sia-sia belaka jika penderita tidak bisa menjaga tubuhnya terutama masalah makanan yang dikonsumsi.

Berbagai penanganan medis dan juga obat yang diberikan akan sia-sia belaka jika penderita tidak memperhatikan makanan yang mereka makan. Sekali saja mereka makan makanan dengan kadar gula yang tinggi, sudah bisa dipastikan kadar gula di dalam darah akan ikut naik. Kalau kadar gula di dalam darah sudah meningkat, penyakit ini akan membahayakan diri sendiri. Oleh karena itulah memilih makanan sehat untuk penderita diabetes harus sangat diperhatikan. Selain diri sendiri, keluarga sebagai orang-orang terdekatnya harus memberikan perhatian khusus agar mereka terjaga dari masalah tersebut.

Beberapa Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Sebagai bahan pertimbangan makanan apa yang cocok dikunsumsi bagi penderita diabetes, berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk penderita diabetes yang bisa kamu konsumsi.

Gandum

Gandum bisa menjadi makanan pengganti nasi bagi penderita diabetes. Gandum kaya akan serat sehingga akan memberikan tenaga bagi penderita diabetes. Selain kaya akan serat, gandum juga mengandung karbohidrat dan protein yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Karbohidrat memang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula di dalam darah. Akan tetapi hal ini hanya terjadi pada saat penderita mengonsumsi karbohidrat sederhana. Sedangkan untuk gandum karbohidrat yang dikandungnya adalah karbohidrat komplek sehingga aman bagi penderita diabetes.

Oatmeal

Sama halnya dengan gandum, oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat. Sehingga dapat memberikan tenaga ekstra bagi mereka yang mengonsumsinya. Oatmeal ini juga mengandung karbohidrat, akan tetapi karbohidrat komplek yang tidak membahayakan bagi penderita diabetes. Makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena termasuk juga sebagai makanan yang menjaga keeshatan jantung manusia. Selain menjaga kadar gula di dalam darah, makanan ini akan memberikan manfaat ekstra dalam menjaga kesehatan jantung kita.

Beras Merah

Sama halnya dengan dua makanan di atas, beras merah mengandung serat yang baik bagi tubuh. Penderita diabetes memang mengalami masalah tubuh sehingga kekuatannya menurun dengan drastis. Karena itu mereka membutuhkan makanan yang dapat memberikan tenaga. Sayangnya kebanyakan makanan itu mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Ketiga makanan di atas inilah yang menjadi alternative lain. Dengan kandungan seratnya tapi juga mengandug karbohidrat komplek, maka tidak akan membahayakan bagi diri penderita penyakit ini.

Itulah tiga makanan sehat untuk penderita diabetes. Ketiga makanan di atas dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi agar tetap memberikan tenaga bagi tubuh.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.