Makanan Diabetes yang Harus Dihindari

Masalah makanan diabetes memang penderitanya harus memberikan perhatian khusus. Tidak hanya penderitanya, keluarga terdekat juga harus memberikan perhatian. Pasalnya tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kadar gula di dalam darah mereka sudah cukup tinggi sehingga makanan yang mengandung gula haruslah dihindari. Penderita sendiri jika tidak diawasi oleh keluarga terdekatnya, akan sulit mengontrol mereka dalam urusan makanan. Pasalnya hampir semua makanan lezat yang biasanya mereka makan, kini sangat dianjurkan untuk ditinggalkan. Maka dari itulah peran keluarga itu penting adanya. Sehingga mereka (penderita) dapat dikontrol makanan apa yang harus mereka hindari atau apa yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Makanan Diabetes yang Harus Dihindari

Organ tubuh yang sudah tidak bisa berfungsi seperti sedia kala, memaksa penderita diabetes untuk menghindari beberapa jenis makanan. Memang ada beberapa makanan diabetes yang harus dihindari. Makanan yang mengandung lemak dan gula adalah jenis makanan yang harus mereka hindari karena dapat membuat kadar gula di dalam darah meningkat. Untuk lebih jelasnya makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita diabetes, sudah kami rangkum di bawah ini.

Kandungan Gula Berlebih

Makanan yang mengandung banyak gula merupakan makanan yang menjadi musuh utama penderita diabetes. Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti dobat, eskrim, cokelat, gula pasir, makanan dengan pemanis buatan dan sejenisnya akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula di dalam darah. Oleh karena itulah penderita diabetes pastinya harus menghindari makanan jenis ini. Jika tidak bisa menghindari makanan yang manis-manis, konsultasikan ke dokter bagaimana cara membuat makanan dengan kadar gula yang rendah. Akan tetapi langkah yang paling baik adalah menghindari makanan yang manis-manis seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kolesterol Tinggi yang terdapat pada Makanan

Bagi penderita diabetes, kolesterol jahat akan meningkat jumlahnya dibandingkan dengan kolesterol baiknya. Akibatnya tubuh akan mudah terkena penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol jahat itu. serangan jantung adalah salah satu penyebab jika makanan berkolesterol tinggi tetap dikonsumsi. Maka dari itu makanan berkolesterol tinggi seperti kerju, udang, daging merah, ungags, susu tinggi lemak, dan kuning telur harus dihapuskan dari daftar makanan mereka.

Hindari Makanan Berminyak

Camilan goreng-gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng ataupun yang lainnya memang sudah menjadi camian yang mudah ditemukan. Sayangnya makanan ini dapat membahayakan diri penderita diabetes maupun yang lainnya. Jadi ubahlah camilan ini dengan camilan yang menyehatkan seperti buah segar. Gorengan seperti di atas juga dapat membuat lemak tertimbun di tubuh kita. Sehingga juga tidak baik dikonsumsi oleh orang-orang normal karena akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol akan membuat kadar gula di dalam darah meningkat. Liver juga akan mengalami kerusakan jika dikonsumsi secara berlebih.

Itulah beberapa makanan diabetes yang harus dihindari. Patuhi saran dari dokter jika ingin tubuh tetap sehat.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.