Ini Dia Jenis Makanan untuk Diabetes yang Sehat dan Bernutrisi!

Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun bisa dikontrol dengan mengandopsi gaya hidup sehat. Penderita diabetes dianjurkan untuk mengontrol dan merencanakan pola makannya secara ketat. Semua harus sehat dan disesuaikan agar kadar gula darah penderita tetap stabil dan kondisi tubuh tetap terjaga.

Jangan berkecil hati dulu ketika dokter memberikan Anda daftar panjang makanan-makanan yang harus dipantang oleh penderita diabetes. Tidak berarti Anda tidak bisa lagi makan makanan yang enak, lho. Yuk simak informasi berikut ini seputar makanan untuk diabetes, baik yang dianjurkan maupun yang dilarang.

Makanan untuk Diabetes yang Dianjurkan

Dengan banyaknya makanan dan minuman yang harus dihindari, seorang penderita diabetes tetaplah harus mendapatkan asupan nutrisi yang sehat. Diantaranya adalah:

Daging ikan: Untuk memperbaiki resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2, dibutuhkan sekali omega tiga yang terkandung dalam daging ikan. Dua diantaranya adalah ikan tuna dan ikan salmon. Dalam 3 ons daging ikan tuna terkandung 1.300 mg omega-3, sedangkan ada sekitar 1.800 mg omega-3 dalam daging ikan salmon dengan jumlah yang sama.
Kacang-kacangan dan biji-bijian: Penuhi asupan serat harian Anda untuk menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah, serta membuat Anda tetap kenyang. Bakar lemak dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi setengah cangkir kacang polong atau tujuh biji kacang kenari. Untuk teman sarapan, Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung atau roti gandum yang diberi selai kacang. Hal yang sama juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi biji rami yang kaya akan alpha-linolenic acid.
Produk susu olahan: Anda bisa mendapatkan vitamin D dan kalsium dari berbagai produk susu olahan seperti yogurt dan keju. Dengan mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium, Anda bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Tentu saja pilihlah produk susu olahan yang rendah atau bahkan bebas lemak.

Makanan untuk Diabetes yang Harus Di Hindari

Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan diatas, ada pula beberapa makanan untuk diabetes yang seharusnya Anda batasi atau bahkan hindari. Apa saja makanan-makanan itu? Cek daftarnya berikut ini:

Makanan tinggi gula: Sebisa mungkin batasi pengonsumsian makanan ber-gula seperti donat, es krim, pastries, dan lainnya yang memakai pemanis buatan.
Makanan yang digoreng: Sebagai penderita diabetes, Anda seharusnya menghindari segala macam makanan yang digoreng. Apalagi jika makanan tersebut digoreng menggunakan minyak yang terhidrogenasi. Biasanya Anda akan mendapati konsumsi ini pada jajanan-jajanan yang bisa Anda temukan di pinggir jalan.
Makanan berkolesterol tinggi: Segera hindari makanan-makanan yang memiliki jumlah kolesterol jahat yang tinggi. Hal ini untuk menghindari terjadinya komplikasi pada sistem kardiovaskular penderita diabetes.
Beberapa sayuran dan buah: Memang benar adanya jika buah dan sayuran sangat baik untuk penderita diabetes, namun ada beberapa buah dan sayuran yang harus dibatasi pengonsumsiannya. Beberapa diantaranya adalah labu, strawberry dan mangga.
Fast food: Makanan cepat saji seperti pizza, ayam goreng, dan hamburger yang terlalu banyak mengandung sodium bisa menjadi ancaman bagi penderita diabetes.

Banyak sekali pilihan makanan untuk diabetes yang benar-benar baik. Jalani pula bersama dengan olahraga rutin, cukup tidur, terhidrasi sempurna, dan kontrol stres yang baik. Jangan sampai Anda mengonsumsi makanan yang jelas-jelas harus dihindari. Semoga bermanfaat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.