5 Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Gejala penyakit diabetes melitus – penyakit ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit paling umum di masyarakat modern sekarang ini. Jumlah penderita diabetes di dunia terus-menerus meningkat, bahkan di Indonesia. Ini dikarenakan penyakit diabetes melitus sangat berkaitan dengan gaya hidup Anda, di antaranya pola makan, pola tidur dan aktivitas fisik serta obesitas.

Bicara soal gejala penyakit diabetes melitus, penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang lambat perkembangannya. Nah, justru hal inilah yang membuat penyakit diabetes sulit dideteksi dari awal. Untuk itu, benar-benar perhatikan keadaan diri Anda sedini mungkin – apalagi jika menyadari jika Anda tidak mejalankan pola hidup sehat.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Apa saja tanda dan gejala penyakit diabetes melitus? Berikut tanda-tanda yang bisa Anda waspadai:

1. Cepat haus dan cepat lapar

Salah satu tanda yang paling cepat untuk dilihat adalah cepat haus dan cepat lapar. Memang hal ini bukan berarti Anda pasti sudah mengidap diabetes namun rasa haus padahal sudah minum banyak, apalagi ternyata cuaca sedang tidak panas-panasnya, patut diwaspadai! Rasa cepat haus pada diabetes melitus sendiri diakibatkan oleh kadar gula berlebih dalam darah sehingga terus-menerus menyerap air dari jaringan. Maka dari itu, Andapun mengalami dehidrasi. Sementara itu, rasa cepat lapar diakibatkan kurangna insulin yang berfungsi untuk memasukkan gula ke sel tubuh sehingga membuat otot dan organ tubuh kehabisan energi. Otakpun mengira bahwa kurang energi ini karena kurang lapar sehingga Andapun merasa lapar.

2. Sering berkemih

Efek dari seringnya minum maka Andapun semakin sering berkemih. Orang dewasa normal buang air kecil sekitar 1-2 Liter air seni setiap hari namun pada diabetes bisa melebihi itu. Kondisi ini dinamakan poliura. Harap waspada apalagi jika perasaan ingin berkemih Anda alami khususnya pada malam hari.

3. Pandangan kabur

Akibat kondisi gula darah yang terlalu tinggi akhirnya mengambil cairan dari tubuh, termasuk lensa mata. Hal inilah yang membuat penderita diabetes melitus sulit berkonsentrasi dan bahkan kehilangan penglihatan sedikit demi sedikit.

4. Pemulihan luka sangat lama

Gejala penyakit diabetes melitus lainnya yang sangat mudah terlihat adalah apabila pemulihan luka sangat lama dan Anda mudah terinfeksi. Luka yang terjadi pada tubuh butuh waktu hingga berminggu-minggu baru sembuh.

5. Bercak gelap pada kulit

Penderita diabetes juga pada umumnya memiliki bercak gelap, kulit lembek serta lipatan di badan, yakni di bagian ketiak dan leher. Kondisi ini dinamakan acanthosis nigricans. Hal ini dikarenakan adanya gangguan insulin.

Jika melihat gejala penyakit diabetes melitus yang telah disebutkan di atas, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, penanganan yan tepat dan belum terlambat bisa dilakukan. Penyakit diabetespun lebih mudah untuk ditangani!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.