Ciri-ciri Penderita Diabetes

Ciri-ciri Penderita Diabetes – Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit ini terjadi karena kelainan dalam metabolism tubuh yang disebakan oleh banyak faktor. Akibat dari penyakit ini adalah kadar gula di dalam darah mengamali peningkatan yang mengkhawatirkan. Kalau seseorang menderita penyakit ini, maka akan mengalami penurunan fungsi tubuh yang cukup signifikan. Mulai dari tubuh yang mudah lelah hingga masalah kesehatan seksual yang menurun dengan tajam.
Gejala awal timbulnya penyakit diabetes sering kali tidak disadari penderitanya. Sehingga ketika kondisi sudah cukup parah, baru diperiksakan ke dokter. Penanganan penyakit ini harus dilakukan sejak dini. Kalau tidak dilakukan sejak awal, akibatnya akan merambat ke organ tubuh lainnya. Jadi agar bisa mengetahui sedini mungkin kalau tubuh mulai terkena diabetes, perlu adanya pengetahuan tentang ciri-ciri penderita diabetes.

Ciri-ciri Penderita Diabetes

Mudah Lelah

Bagi pekerja keras, tubuh yang mudah lelah ini sering kali tidak mereka sadari. Mereka akan menganggap bahwa porsi pekerjaan yang terlalu berat telah membuat tubuh menjadi lelah. Kalau tubuh terasa lelah lebih cepat dari biasanya, segeralah memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu adalah tanda awal tubuh mengidap penyakit diabetes.

Berat Badan Menurun

Berat badan menurun dengan drastis tanpa ada sebabnya harus juga diwaspadai. Apalagi kalau melihat porsi makan tetap sama dengan biasanya dan tidak ada masalah lainnya. Berat badan seseorang tidak akan bisa turun begitu saja dengan cepat kalau tidak ada masalah yang terjadi di dalam tubuh. Kalau tidak ada aktivitas olahraga rutin serta mulai menjaga pola makan tapi berat badan turun dengan drastis, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Penurunan berat badan secara drastis menjadi pertanda seseorang terkena diabetes karena ketika kadar gula di dalam darah tidak normal, maka lemak yang tertimbun di tubuh dijadikan energy sehingga lemak cepat hilang yang membuat tubuh menjadi kurus.

Sering Buang Air Kecil

Glukosa yang terlalu banyak di dalam darah membuat penderita diabetes akan sering merasa ingin buang air kecil. Insulin yang sangat sedikit membuat ginjal tidak bisa menyaring glukosa sehingga glukosa ini kembali ke dalam darah. Ginjal akan menarik air lebih banyak untuk menghancurkan glukosa itu. Proses inilah yang membuat kandung kemih menjadi penuh dan rasa ingin buang air kecil datang begitu cepat.

Mudah Haus

Air merupakan kebutuhan penting bagi tubuh. Manusia bisa hidup tanpa makan apapun selama beberapa hari tapi tidak bsa hidup satu hari saja tanpa adanya air yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh akan memberikan alarm ketika kekurangan air dengan rasa haus. Akan tetapi kalau rasa haus itu datang terlalu sering padahal tidak adanya aktivitas fisik yang melelahkan, jangan meremehkan tanda ini. Bisa jadi rasa haus yang berlebih ini menjadi pertanda mulai naikknya kadar gula di dalam darah.

Itulah ciri-ciri penderita diabetes yang harus diamati sejak dini. Dengan menyadarinya lebih dini maka penyakit ini tidak akan menyebar ke organ tubuh lainnya.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.