Aneh tapi Mujarab, Pengobatan Luka Diabetes dengan Belatung

Aneh tapi Mujarab, Pengobatan Luka Diabetes dengan Belatung – Tidak selamanya hewan yang tinggal di tumpukan sampah dan kotoran membawa bencana dalam hidup manusia. Hal ini terbukti adanya pengobatan luka diabetes dengan belatung. Menerapkan belatung ke luka mungkin terdengar aneh, tetapi terapi belatung telah berhasil menyembuhkan luka kulit atau jaringan lunak yang terbuka pada pasien yang lukanya sebelumnya tidak sembuh.

Sejak zaman kuno, belatung membantu menyelamatkan nyawa dengan membersihkan luka secara efisien dan efektif, termasuk yang mungkin berakibat fatal. Dengan melahap jaringan mati, larva lalat ini tidak hanya meningkatkan pertumbuhan jaringan baru akan tetapi juga sangat mengurangi kemungkinan infeksi. Meskipun terapi belatung terutama bermanfaat sebelum penemuan antibiotik modern, ada kebangkitan minat dalam praktik ketika obat konvensional gagal.

Gambar Belatung Pengobatan Luka Diabetes dengan Belatung

Gambar Belatung Pengobatan Luka Diabetes dengan Belatung

Terapi belatung pada prinsipnya adalah terkendali. Pengendalian mencakup pemilihan spesies dan strain yang efektif dan aman, disinfeksi secara kimia untuk mendapatkan belatung bebas kuman, penempatan belatung di dalam perban khusus yang mencegah belatung keluar dari area luka. Tidak hanya itu ini dilakukan untuk pengendalian mutu sepanjang proses pembiakan dan produksi belatung. Spesies dan strain yang terpilih menjadi ‘juru bedah’ dalam terapi belatung adalah Lucilia (Paenicia) sericata strain LB-01.

Kenali Jenis Belatung Obat Luka Diabetes

Tahun-tahun terakhir telah membawa minat baru dalam terapi belatung. Belatung terbukti menghasilkan berbagai faktor antimikroba dan pertumbuhan jaringan, enzim, dan zat aktif biologis lainnya yang membantu penyembuhan luka.

Mengetahui jenis belatung sangat dianjurkan bagi Anda sebelum melakukan pengobatan luka diabetes dengan belatung. Jadi, larva yang digunakan berasal dari lucilia sericata yang sering dikenal dengan sebutan lalat botol hijau dengan ukuran panjang 10-14 mm. Lalat ini mudah ditemui hampir di seluruh dunia, namun Lucilia sericata ditemukan di seluruh dunia, tetapi lebih spesifik distribusi Holarctic (Northern Hemisphere), yang didistribusikan secara luas di seluruh Amerika Serikat dan Kanada selatan.

Siklus hidup dari lalat Lucilia sericata yang larvanya digunakan dalam terapi belatung, dimulai dengan tahap telur, diikuti oleh tiga instar larva, tahap larva “mengembara”, pupa, dan akhirnya terbang dewasa. Kenyataan bahwa larva hanya mengkonsumsi jaringan nekrotik sementara meninggalkan struktur yang sehat utuh telah dimanfaatkan dalam terapi larva yang, pada kenyataannya, myiasis terapeutik terkontrol.

 

Cara Pengobatan dengan Belatung

Cara Pengobatan dengan Belatung

Cara Pengobatan dengan Belatung

Terapi debridemen maggot adalah metode yang diterima untuk debridemen biosurgis. Banyak uji klinis telah menunjukkan bahwa terapi belatung, juga disebut sebagai “biosurgery” atau “terapi larva“, menghasilkan debridemen luka yang lebih cepat jika dibandingkan dengan perawatan konvensional. Debridemen biasanya dikenal dengan penghilangan jaringan mati di daerah luka yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Adapun proses pengobatan luka diabetes dengan belatung yang dilakukan sangat mudah. Tempelkan belatung lima sampai sepuluh ekor pada setiap satu sentimeter persegi luka dan kemudian ditutup perban. Belautung akan melepaskan cairan pencerna yang melarutkan jaringan mati kemudian menghisap jaringan yang mencair dan bakteri yang ada. Biarkanlah belatung tersebut selama 48-72 jam, jangan kaget ketika belatung tersebut berubah bentuknya sekitar 2 mm sampai 10 mm.

Sebenarnya pengobatan luka diabetes dengan belatung dalam dunia medis bukanlah hal yang baru karena sudah dikenal berabad-abad lalu. Di barat terutaa Amerika Serikat, masykarat lebih memilih cara pengobatan kuno ini dari pada harus mengamputasi kakinya. Selain aman terapi ini dapat menghemat biaya.

Pengobatan Alternatif Luka Diabetes

Ragam jenis pengobatan bisa Anda temukan dan bisa Anda coba, seperti pengobatan diabetes dengan belatung ini. Secara logis, belatung membantu tubuh untuk membuang luka yang membusuk agar mempercepat epidermik untuk membentuk sel kulit organ yang baru. Namun yang perlu Anda sadari adalah bahwa segi higienitas perlu diperhatikan. Setiap organisme pasti memiliki efek dan manfaat dalam kehidupan, seperti belatung ini. Jangan sampai malah membuat luka diabetes infeksi dan berujung pada amputasi pasien luka diabetes.

Kabar Gembira! Pengobatan Alternatif Modern untuk luka diabetes telah hadir di bekasi! Dengan keajaiban dari manfaat oksigen dari gas ozon membantu pasien luka diabetes menghindari terjadinya amputasi. Hal ini tentunya bisaa terjadi dengan kerjasama yang baik antara pasien dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Biogenic Integrative Center. Dengan kemajuan teknologi kedokteran dari amerika dan eropa sudah barang tentu bisa memperbesar kemungkinan Anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.