Tips Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan lemak yang pada dasarnya penting bagi tubuh untuk digunakan sebagai bahan baku beberapa hormon dan untuk melapisi dinding sel. Sayangnya, kadar kolesterol yang terlampau berlebihan dalam tubuh sangatlah tidak baik. Kondisi ini disebut dengan kolesterol tinggi yang ditandai oleh beberapa gejala seperti sering sakit kepala dan nyeri pada persendian. Parahnya lagi, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, diperlukan cara cepat menurunkan kolesterol yang dapat menstabilkan kinerja tubuh kembali.

Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Buah

Jangan terus-terisan bergantung pada obat. Kini saatnya Anda untuk beralih ke sesuatu yang lebih alami. Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi yang sangat dianjurkan adalah degan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Apel – Buah cantik yang hadir dalam beberapa warna seperti hijau, kuning, dan merah ini sangatlah berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersarang dalam tubuh.
  2. Buah sitrus – Selain apel, berbagai buah-buahan sitrus juga sangat baik dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Di dalam buah sitrus terdapat zat pectin atau sejenis serat yang memiliki kekuatan dalam menurunkan kolesterol. Lebih baiknya lagi, zat ini juga bermanfaat dalam memperkuat dinding arteri. Beberapa buah sitrus yang baik untuk tubuh antara lain adalah jeruk manis, lemon, dan jeruk nipis.
  3. Buah berry – Cobalah untuk mengonsumsi buah berry karena kandungan didalamnya yang kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. Buah blueberry adalah salah satu yang paling baik. Beberapa buah berry lainnya adalah raspberry, strawberry, dan mulberry.
  4. Anggur – Banyak-banyaklah mengonsumsi buah anggur sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami yang sangat ampuh. Buah yang berasal dari tumbuhan merambat ini sangat dikenal dengan kandungan antioksidan-nya. Sama seperti buah-buah sitrus, anggur yang dibuat menjadi minuman ini juga sangat baik sekali dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada dinding arteri.

Menurunkan Kolesterol dengan Kebiasaan Baik

Untuk mendukung buah-buahan diatas agar dapat berkhasiat dengan baik, kiranya Anda harus dapat melakukan berbagai kebiasaan baik yang dapat dikatakan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Olahraga – Baik mereka yang punya masalah kolesterol tinggi maupun tidak, harusnya Anda menjaga kesehatan tubuh Anda dengan melakukan olahraga. Tidak perlu susah-susah pergi ke gym untuk melakukan olahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu ke gym. Seperti berjalan ringan, jogging, bersepeda, naik-turun tangga, mapun berenang.
  • Selalu ikuti saran dokter – Pengelolaan kadar kolesterol adalah sebuah proses yang harus Anda lakukan seumur hidup. Periksakan diri Anda secara teratur untuk dapat terus mengawasi kesehatan diri Anda. Selalu ikuti nasehat yang diberikan oleh dokter, entah itu berkaitan dengan pengobatan, pola makan, maupun olahraga. Anda tetap bisa mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dengan kerjasama antara Anda dengan dokter.
  • Jauhi stres – Perlu Anda tau, stres berlebihan nyatanya dapat meningkatkan risiko aterosklerosis yang terjadi akibat penumpukan kolesterol pada arteri. Pengaturan stres dapat Anda lakukan dengan cara relaksasi dan meditasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Kolesterol adalah penyakit yang sangat berbahaya. Karena penyakit ini bisa

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.