Rahasia Mengobati Darah Tinggi yang Aman dan Alami

Bagi sebagian orang, tekanan darah tinggi bagaikan momok yang begitu menakutkan. Penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya ini memang meninggalkan kesan yang tidak enak untuk masyarakat di Indonesia. Dikenal dengan nama hipertensi dalam dunia medis, tekanan darah tinggi ternyata bisa lho disembuhkan. Bagaimana caranya? Penasaran? Coba cek informasi mengenai tips dalam mengobati darah tinggi berikut ini!

Mengenal Penyebab Darah Tinggi

Sebelum Anda mencari tau cara mengobati darah tinggi, ada baiknya jika Anda mengenali penyebab dari darah tinggi yang Anda alami. Banyak sekali faktor yang meningkatkan resiko penyakit darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah umur, tingkat kolesterol, keturunan, stres berat, obesitas, merokok, dan gaya hidup yang tidak baik. Mungkin salah satunya adalah penyebab mengapa Anda bisa terkena penyakit ini.

Memulai Dari Pola Hidup

Percaya atau tidak, mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil Anda yang tidak baik bisa menjaga tekanan darah Anda. Tidak hanya baik untuk mengontrol tekanan darah, pola hidup sehat juga berguna untuk menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh. Lalu, pola hidup seperti apakah yang benar-benar sehat?

  • Pola Makan Sehat – Dibandingkan dengan negara lain, jumlah kejadian penyakit jantung pada populasi Mediterania di Eropa sangatlah rendah. Apa ya rahasianya? Ini karena tipe makanan yang berbeda dengan kebanyakan yang disantap di Indonesia. Setelah diteliti, pola makan yang teratur dan mayoritas rendah lemak jenuh adalah kuncinya. Bahan makanan akan lebih baik jika direbus atau dipanggang daripada digoreng. Bagi pasien tekanan darah tinggi, pemakaian garam haruslah dibatasi dalam bentuk apapun juga.
  • Rutin Olahraga – Pola hidup sehat selanjutnya adalah olahraga. Akan lebih baik jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang-tinggi, seperti aerobik dan olahraga beban. Aerobik paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah lari pagi atau jalan cepat. Jenis aerobik lainnya sebagai pilihan Anda adalah: bersepeda, berenang, dansa, atau senam. Minimal lakukan olahraga 30 menit dan lakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Sebaiknya lakukan olahraga secara konsisten, karena hasilnya tidak akan segera datang hanya dengan satu-dua kali percobaan.
  • Tidur Tepat Waktu – Jadwal tidur yang teratur ternyata cukup berpengaruh dalam mengobati darah tinggi. Menurut penelitian, bergadang dapat meningkatkan setidaknya 30% resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Dengan tidur tepat pada waktunya dan jam tidur yang cukup, Anda tentu merasa lebih segat ketika di pagi harinya.

Tips Mengobati Darah Tinggi

Anda bisa mencegah penyakit ini untuk semakin jauh lebih berbahaya dengan beberapa tips berikut yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bila Anda perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda sekarang juga.
  2. Kontrol berat badan, karena obesitas adalah salah satu penyebab Anda bisa terserang darah tinggi.
  3. Kurangi konsumsi kafein Anda karena 3 cangkir kopi atau setara dengan 500 mg kafein menaikan resiko tekanan darah tinggi.
  4. Minimalkan konsumsi makanan tinggi garam seperti makanan instan dan makanan cepat saji.
  5. Kontrol kadar gula dalam darah dan kadar kolesterol Anda agar tetap sehat.
  6. Agar Anda mampu mengontrol emosi, Anda dapat menjalankan terapi anti-stres jika perlu.
  7. Perbanyak makan buah dan sayuran yang memiliki serat tinggi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengobati darah tinggi yang mudah serta aman. Semoga bermanfaat.

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.