Ciri-ciri Penyakit Tifus

Ciri-ciri penyakit tifus yang diakibatkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonella typhi ini tampak begitu jelas. Penyakit ini sendiri ditularkan dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella yang disebutkan tadi. Bakteri tersebut biasanya terdapat pada kotoran orang yang sebelumnya terjangkit tifus yang kemudian kotoran tersebut ternyata mengontaminasi makanan dan minuman. Oleh karena itu, mereka yang menderita penyakit tifus harus benar-benar menjaga kebersihan dengan cuci tangan sehabis buang air besar agar tidak menularkan penyakitnya.

Ciri-ciri Penyakit Tifus
Lalu, bagaimana ciri-ciri seseorang terjangkit penyakit tifus? Berikut beberapa di antaranya:

Sakit perut, terasa mual dan bahkan muntah

Mereka yang terjangkit penyakit tifus umumnya akan mengalami sakit perut pada bagian kiri, ini adalah bagian usus 12 jari yang terjangkit infeksi bakteri. Jadi berbeda dengan penyakit maaf dimana sakit perut terasa di bagian perut atas ataupun ulu hati.

Perubahan pola buang air besar

Ciri-ciri sebelumnya diikuti dengan perubahan pola buang air besar, yakni penderita bisa mengalami diare saja ataupun justru malah mengalami konstipasi (tidak bisa buang air besar).

Demam atau badan terasa panas

Penderita penyakit tifus juga mengalami demam atau badan panas selama lebih dari seminggu. Suhu tubuh menjadi sangat tinggi pada saat malam hari namun pada siang hari kembali membaik. Demam diikuti oleh dengan rasa sakit kepala, lemah dan juga lemas.

Denyut nadi melambat

Ciri-ciri penyakit tifus yang lain lagi adalah denyut nadi malah melambat, bukannya meningkat sebagaimana dialami oleh mereka yang demam pada umumnya. Hal ini dikarenakan terdapat toksin atau racun yang terdapat pada bakteri penyebab tifus yang mengakibatkan reaksi tersebut.

Bagian tengah lidah berwarna putih

Ciri-ciri fisik dari mereka yang menderita tifus adalah lidah bagian tengah berwarna putih dan bagian pinggir berwarna merah. Kemudian, apabila penderita menjulurkan lidahnya maka akan terjadi tremor / lidah gemetar.

Bagaimana jika sudah melihat ciri-ciri penyakit tifus tersebut? Sangat disarankan untuk segera mendapat penanganan dari dokter, dengan begitu pasien akan bisa segera pulih dan tidak semakin parah. Berkonsultasi dengan dokter juga berfungsi untuk meneguhkan diagnosis apakah memang benar seseorang mengidap penyakit tifus atau tidak. Hal ini dikarenakan beberapa ciri penyakit tifus sangat mirip dengan penyakit lain seperti demam biasa ataupun penyakit maag, sebagaimana sudah disinggung di poin-poin artikel kali ini. Selain itu, pasien penderita penyakit tifus harus benar-benar diatur pola makannya karena ada banyak pantangan makanan bagi mereka. Pasienpun punya daya tahan tubuh lebih untuk membantu melakukan serangan membasmi bakteri penyebab tifus tadi. Ya, Anda patut waspada jika melihat ciri-ciri penyakit tifus ini! Salam sehat!

Terapi Ozon sudah teruji membantu pemulihan atas beragam ketidakseimbangan imunitas yang terjadi pada tubuh manusia.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.