Tanda dan Gejala Hepatitis

Tanda dan gejala hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada organ hati yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah gangguan metabolisme, infeksi virus, konsumsi alkohol dan juga penyakit autoimun serta efek komplikasi dari penyakit lainnya ataupun penggunaan obat-obatan dan juga masuknya parasit dan bakteri di organ hati. Namun faktor yang paling sering adalah virus penyebab hepatitis.
Khususnya di artikel kali ini kita membahas tanda dan gejala kelima tipe hepatitis yakni hepatitis A, B, C, D dan juga E. Tanda dan gejala masing-masing hepatitis bisa berbeda tetapi bisa juga ada kesamaan antara satu sama lain.
Tanda dan Gejala Hepatitis
Hepatitis A
Hepatitis tergolong tipe hepatitis ringan dan jarang berujung kematian. Penyebaran penyakit ini adalah lewat tinja penderita yang ditularkan melalui makanan dan minuman. Seseorang yang terkena penyakit hepatitis A akan mengalami tanda dan gejala berikut:

Kulit dan putih mata seperti kekuningan.
Mengalami keletihan yang berlebihan.
Demam tinggi terus-menerus.
Kehilangan nafsu makan.
Pusing, mual dan muntah.
Warna urin hitam pekat.

Hepatitis B
Hepatitis B tergolong penyakit hepatitis berbahaya yang bisa berujung pada kematian. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B yang menular melalui pertukaran cairan tubuh ataupun kontak darah dengan penderita. Beberapa tanda dan gejala hepatitis B, antara lain:

Demam tinggi.
Sakit perut dan kuning khususnya di daerah putih mata / sklera.
Perlu diketahui pula gejala ini juga tidak begitu spesifik kelihatan sehingga penularan menjadi lebih tidak disadari.

Hepatitis C
Hepatitis C disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C yang menular lewat kontak darah dan serangga dari penderita. Penyakit ini memiliki tanda dan gejala secara perlahan sehingga sering kali tidak disadari hati telah mengalami kerusakan. Berikut beberapa gejalanya:

Mengalami kelelahan berlebihan.
Kehilangan nafsu makan.
Sakit perut.
Kulit dan bagian putih mata menjadi kekuningan.
Urin berwarna gelap.

Hepatitis D
Hepatitis D termasuk penyakit yang cukup unik karena disebabkan oleh virus hepatitis D yang tidak bisa “hidup sendiri”, tetapi akan muncul ketika seseorang mengidap penyakit hepatitis B. Jadi, ketika seseorang mengidap penyakit hepatitis B maka akan berpeluang diserang oleh virus hepatitis D pula.

Gejala penyakit ini bervariasi dengan gejala yang ringan namun amat progresif.

Hepatitis E
Hepatitis E hampir mirip dengan penyakit hepatitis A, namun disebabkan oleh infeksi virus hepatitis E yang menular lewat air yang telah terkontaminasi tinja penderita. Berikut beberapa gejalanya:

Demam tinggi terus-menerus.
Mengalami pegal linu berlebihan.
Kehilangan nafsu makan.
Sakit perut.

Jadi, dari tanda dan gejala hepatitis ini, Anda bisa menjadi lebih waspada lagi untuk mencegah makin parahnya gejala penyakit hepatitis sesuai dengan tipenya.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.