Penyebab Sembelit – Cegah dengan Cara ini!

Penyebab sembelit umumnya disebabkan oleh kurangnya serat sehingga saluran pencernaan harus bekerja keras untuk mengolah setiap asupan ke dalam tubuh. Setiap orang pasti punya frekuensi buang air besar masing-masing dan hal tersebut bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Namun yang menjadi masalah ketika Anda tidak merasa nyaman lagi dengan perut yang terasa kembung dan mengalami kesulitan mengeluarkan kotoran. Kotoran keras dan Anda mesti bersusah payah mengeluarkannya, bahkan terkadang mengakibatkan perdarahan di dubur – hal inilah yang menjadi tanda Anda bahwa terkena konstipasi ataupun sembelit.

Penyebab Sembelit
Apa yang menjadp penyebab sembelit? Berikut beberapa penyebabnya:

Pola hidup tidak sehat. Beberapa penyebab sembelit yang dikarenakan pola hidup tidak sehat di antaranya adalah: kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh, kurang konsumsi makanan berserat dan juga kurang melakukan gerakan yang merangsang buang air besar.
Obat-obatan seperti antidepresan, antikolinergik, psikotropika, antasid, kodein dan obat tekanan darah tinggi juga memicu sembelit. Selain itu, obat yang digunakan sebagai obat diare juga berefek samping menjadi sembelit.
Sindrom iritasi usus besar yang dimana penderitanya mengalami sembelit dan diare secara bergantian.
Ketidakseimbangan elektrolit yakni terjadi defisiensi kalium dan kelebihan kalsium.
Penyumbatan karena penyakit seperti ambeien / wasir, abses anus, fisura, polip usus, divertikulitits, penyakit Crohn dan kanker kolorektal.
Penyumbatan karena gangguan syaraf seperti parkinson, diabetes dan multiple sclerosis.
Gangguan hormonal seperti kurang aktifnya tiroid dan juga kehamilan.

Penanganan Penyebab Sembelit
Jika Anda ke dokter maka Anda akan diresepkan obat-obatan tertentu yang bisa menangani sembelit. Namun di samping itu, penting untuk Anda mencegah terjadi kembalinya penyakit ini dengan mengelola sembelit dengan cara berikut ini:

Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah dan biji-bijian serta umbi-umbian yan berserat.
Penuhi asupan cairan yang cukup yakni sekitar 1,5 Liter hingga 2 Liter setiap harinya.
Lakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti misalnya berjalan kaki setiap harinya akan membantu gerakan usus secara teratur. Apabila Anda tidak memungkinkan melakukan itu karena harus beristirahat di kursi roda dan tempat tidur maka sering-seringlah mengubah posisi. Cara lain adalah dengan mengangkat kaki agar perut berkontraksi.
Pijat perut setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur.
Jangan menahan dorongan untuk buang air besar hanya karena Anda merasa terlalu sibuk. Oleh karena itu, Andapun bisa menyisihkan waktu untuk ke toilet setiap pagi setelah sarapan. Tunggu apakah Anda ingin buang air besar atau tidak.

Perlu diketahui dengan punya jadwal buang air besar secara teratur dengan waktu yang sama setiap harinya – Anda bisa mengurangi penyebab sembelit.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.