Menguak Rahasia Cara Mengatasi Demam yang Efektif!

Demam merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Dapat dikatakan bahwa demam merupakan indikasi yang baik bahwa sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi untuk menangkal infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri yang berujung pada penyakit. Bahkan, demam adalah pertanda baik karena itu berarti bahwa tubuh merespon terhadap infeksi, dan dalam kebanyakan kasus demam adalah bagian dari respon tubuh alami yang harus diizinkan untuk berlanjut.

Demam dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Dalam kasus yang jarang  terjadi, demam juga disebabkan oleh keracunan, stroke, lingkungan, atau hipotalamus yang rusak. Untuk sebagian besar dari kita, demam disebabkan oleh infeksi sederhana (paling sering oleh virus) dan akan hilang dengan sendirinya seiring tugasnya untuk melindungi tubuh selesai. Jika demam benar-benar menganggu Anda, coba saja tips dan cara mengatasi demam berikut ini.

Cara Mengatasi Demam Secara Tradisional

Untuk Anda yang tidak mau menggunakan metode konvensional untuk mengobati demam, Anda bisa menggunakan jalan tradisional. Keuntungan dari cara mengatasi demam yang tradisional adalah tidak adanya efek samping, lebih aman, lebih murah, dan tidak menghalangi proses tubuh yang sedang menangani penyakit.

Minumlah banyak cairan untuk menangkal dehidrasi dan membantu tubuh mengatasi penyakit. Anda bisa minum air mineral ataupun teh herbal seperti chamomile, peppermint, dan catnip.
Konsumsilah minyak ikan kod dalam dosis ganda saat demam.  Cara ini tampaknya sangat berperan dalam mengurangi rasa sakit dan juga memberikan kekebalan tubuh yang berlebih. Anda dapat menggunakan minyak ikan kod dalam kapsul untuk orang dewasa dan gel/ sirup untuk anak-anak yang tidak bisa menelan pil. Anda juga bisa menerapkan cara ini setiap hari untuk semua anggota keluarga. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga tubuh siap untuk menangani penyakit lebih cepat.
Anda mungkin pernah mendengar pepatah “Semua penyakit dimulai di usus”. Sebaiknya segera penuhui asupan probiotik untuk mendukung kesehatan serta kekebalan tubuh dan usus. Salah satunya adalah dengan minum susu fermentasi yang memiliki bakteri baik untuk usus Anda.
Sirup blueberry buatan sendiri juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membuat orang yang sedang sakit merasa lebih nyaman. Ini merupakan cara mengatasi demam yang menyenangkan, terutama untuk anak kecil.
Buatlah kaldu tulang sapi dan sup buatan sendiri untuk memelihara dan memberikan nutrisi yang membantu dalam penyembuhan penyakit.
Dosis kecil dari minyak kelapa yang dicampur dalam makanan atau smoothie memberikan sifat antibakteri dan antivirus yang baik sekali sebagai cara mengatasi demam.
Anda dapat melakukan mandi air hangat dengan garam epsom atau magnesium yang ditaburi bubuk jahe untuk membantu meringankan nyeri otot. Teh peppermint juga bekerja untuk sakit kepala atau nyeri otot yang terkait dengan demam.
Jika Anda merasa pegal atau mengalami kesulitan beristirahat dengan nyaman, Anda bisa merilekskan tubuh Anda dengan menghirup aroma teh chamomile yang menenangkan.

Demikianlah sedikit tips dan cara mengatasi demam yang mudah lagi efektif. Terlalu bergantung pada obat-obatan kimia dapat mengakibatkan efek samping yang tentu tidak ingin Anda dapatkan. Beralihlah ke cara yang lebih tradisional dan alami. Semoga bermanfaat!

 


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.