Ramuan Herbal dan Metode Pengobatan Herbal

Ramuan herbal adalah media pengobatan yang memakai tanaman dengan kandungan alamiah sebagai bahan baku ramuan tersebut. Beragam tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat ini sebenarnya mudah kita peroleh di lingkungan sekitar dan bahkan tidak jarang tanaman tersebut sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Negeri kita sendiri, Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan ramuan herbal. Ini dikarenakan banyak bahan-bahan tanaman untuk pengobatan ada di Indonesia. Ramuan tradisional khas Indonesia berawal dari kebutuhan obat pada masa pendudukan Jepang yang mendesak. Penelitian-penelitian yang telah banyak dilakukan menemukan banyak manfaat dari ramuan herbal ini. Tak jarang pula, para dokter mengombinasikan pengobatan modern dan ramuan herbal.

Ramuan Herbal – Keunggulan dan Metodenya

Keunggulan Ramuan Herbal

Ada banyak keunggulan ramuah herbal dalam pengobatan penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis, di antaranya ada pada poin-poin berikut:

  • Harga ramuan herbal yang cenderung lebih murah daripada obat-obatan buatan pabrik. Ini dikarenakan obat dari pabrik memerlukan bahan baku yang mahal dan bergantung pada banyak komponen.
  • Bahan-bahan ramuan herbal mudah diperoleh di lingkungan sekitar, Anda juga bisa menanam sendiri berbagai tanaman herbal.
  • Pengolahan ramuah herbal juga tidak rumit, Andapun bisa mengolah ramuan tanpa perlu peralatan khusus dan biaya yang besar. Tentu saja berbeda dengan obat-obatan medis yang membutuhkan teknologi canggih dan butuh proses lama.
  • Ramuan herbal punya efek samping negatif lebih sedikit ketimbang obat-obatan medis dikarenakan tidak bersifat sintetik. Namun tentu saja, beragam ramuan herbal, khususnya yang beredar di pasaran harus melewati uji klinis dan sesuai dengan dosis anjuran.

Metode Ramuan Herbal

Ramuan herbal ketika dikonsumsi juga harus disertai dngan konsep pengobatan herbal. Dengan begitu, penyakit yang diderita akan lebih cepat sembuh dan benar-benar sembuh. Konsep pengobatan herbal sendiri bisa memerhatikan poin-poin berikut:

  • Pendekatan holistic, itu artinya seseorang dipandang sebagai satu individu yang unik dan tidak sama dengan orang lain. Dengan begitu, perlakuan terhadap antara satu pasien dengan pasien lain tentu saja berbeda.
  • Pengobatan herbal tidak hanya didasarkan pada faktor eksternal tetapi juga internal individu tersebut, seperti kondisi spiritual, mental dan emosional seseorang. Dengan begitu, tubuh lebih mudah bereaksi terhadap ramuan herbal karena tubuh dalam keadaan “menerima”.
  • Anda tetap harus menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, tidak cukup hanya mengonsumsi obat tetapi tidak menjaga diri. Sama halnya dengan pengobatan medis biasanya, pengobatan harus disertai dengan hasrat Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan mengetahui apa itu ramuan herbal dan manfaatnya serta konsep pengobatannya, Anda akan lebih dilengkapi untuk menjadi lebih sehat! Dokter juga telah melihat beragam manfaat ramuan herbal ini karena pada dasarnya ramuan herbal ini lebih alami.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.