5 Obat Alami Darah Tinggi di Sekitar Anda

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar obat herbal alami? Mungkin Anda akan lebih fokus dengan jamu-jamuan yang terasa pahit dan tidak menggugah selera. Namun, bukan berarti obat alami selalu berbentuk demikian, bukan? Obat alami darah tinggi berikut ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan bisa Anda sukai. Yuk, simak saja informasinya berikut ini!

Obat Alami Darah Tinggi dari Lavender

Mungkin Anda hanya tau bunga yang satu ini sebagai bunga yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Creighton, minyak dari bunga lavender bisa dijadikan sebagai obat alami darah tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah hingga 50%. Mengapa bisa begitu? Bunga lavender memiliki kandungan yang berfungsi sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah), sehingga aliran darah kembali lancar dan menstabilkn tekanan darah.

Cara pemakaiannya adalah dengan menggosokan dan memijat minyak bunga lavender ke tubuh. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes ekstrak bunga lavender pada air hangat yang digunakan untuk mandi. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi bunga lavender dalam bentuk teh. Bila digunakan secara rutin, khasiat yang Anda dapatkan akan lebih maksimal.

Obat Alami Darah Tinggi dari Buah Kesemek

Anda senang memakan buah kesemek? Wah, ternyata buah yang satu ini juga bisa loh dijadikan sebagai obat alami darah tinggi dengan sedikit bahan alami tambahan. Siapkan satu buah kesemek, dua gelas air, dan biji teratai 200 gram. Gunakan periuk yang terbuat dari anah untuk merebus biji teratai hingga mendidih. Iris-iris tipis buah kesemek dan masukkan ke air rebusan biji teratai tadi, rebus kembali. Minum ramuan ini sebanyak satu gelas dalam sehari.

Obat Alami Darah Tinggi dari Buah Aprikot

Untuk penderita hipertensi yang harus diet rendah sodium, buah yang satu ini menjadi pilihan alternatif yang tepat. Sebagai obat alami darah tinggi, terkandung hanya 15 mg sodium dan 1.400 mg potasium. Buah ini juga baik sekali untuk kesehatan karena kandungan zat besi didalamnya. Selalu ingat untuk mengonsumsi buah aprikot diiringi dengan konsumsi air yang seimbang agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Obat Alami Darah Tinggi dari Buah Mengkudu

Banyak sekali sebenarnya manfaat dari buah mengkudu yang bisa Anda ambil, salah satunya adalah sebagai obat alami darah tinggi. Setelah mencuci bersih dua buah mengkudu yang punya nama latin Morinda citrifolia ini, haluskan dengan cara diparut. Ambil sarinya dengan menyaringnya menggunakan saringan. Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu agar rasanya tidak terlalu menyengat. Minum air sari mengkudu ini 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

Obat Alami Darah Tinggi dari Bawang Putih

Dalam sebuah meta-analisis yang dilakukan oleh sebuah penelitian di Amerika, menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat alami darah tinggi. Terlihat penurunan yang signifikan pada tekanan darah diastolik dan sistolik ketika mengonsumsi bawang putih secara rutin. Penilitian ini juga mengungkapkan manfaat bawang putih yang bekerja sebagai anti-koagulan dan melancarkan peredaran darah. Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih mentah-mentah, setidaknya 2-3 siung setiap hari.

Dibutuhkan kesebaran dan ketelatenan yang tinggi agar obat alami darah tinggi diatas dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.