Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Bahan-Bahan Disekitar Anda

Jerawat adalah suatu kondisi kulit normal yang dapat terjadi pada banyak orang. Jerawat merupakan peradangan pada kulit di mana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) terinfeksi oleh bakteri, membengkak, dan terisi dengan nanah. Kelebihan sebum sekresi oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama di balik masalah kulit ini.

Jerawat umumnya ditemukan pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meskipun bukan kondisi yang dapat dikatakan kritis, jerawat bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri karena penampilannya yang terlihat buruk. Simak saja cara-cara menyembuhkan jerawat yang mudah berikut ini!

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Pasta gigi yang Anda gunakan setiap pagi untuk membersihkan gigi Anda juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan cepat. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang berwarna putih, dan bukannya pasta gigi yang berbentuk gel.

Cara Pemakaian: Aplikasikan pasta gigi pada beberapa tempat di daerah wajah Anda yang berjerawat sebelum tidur. Setelah dibiarkan semalaman, Anda bisa membersihkannya dengan air dan lihat jerawat Anda sudah tidak membengkak lagi.

Jika Anda ingin, Anda dapat mengulangi langkah ini di siang hari. Setidaknya biarkan pasta gigi menetap selama setengah jam sebelum dibilas.

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Uap

Uap dipercaya mampu memperindah kulit Anda setiap saat, terutama ketika Anda menggunakannya untuk menyembuhkan jerawat. Uap dapat membuka pori-pori Anda dan memungkinkan kulit Anda untuk bernapas. Hal ini bisa membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan.

Cara Pemakaian:  Isi wadah besar dengan air panas dan biarkan uap-nya naik keatas. Tahan wajah Anda untuk mendapatkan kontak dengan uap selama beberapa menit. Keringkan air atau keringat yang keluar dari pori-pori wajah Anda dengan handuk bersih. Pakai pelembab yang berbahan dasar air.

Cara menyembuhkan jerawat yang satu ini juga dapat memberikan Anda kulit yang bercahaya dan cerah.

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Es Batu

Es dapat digunakan untuk menyingkirkan jerawat dengan cepat. Cari ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang berjerawat. Pori-pori kulit yang membeku juga dapat menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit.

Cara Pemakaian:  Bungkus es dalam kain dan tahan pada daerah kulit yang berjerawat selama beberapa detik. Tunggu beberapa menit dan ulangi langkah ini sampai Anda merasa peradangan pada jerawat Anda berkurang.

Ketika digunakan berulang kali pada jerawat sepanjang hari, es membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan dan akan segera menghilangkan warna kemerahan pada wajah Anda.

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Timun

Mentimun adalah sumber dari potassium dan vitamin seperti A, C dan E. Sayuran ini juga memiliki efek pendingin dan efek menenangkan pada kulit.

Cara Pemakaian:  Potong satu atau dua mentimun segar. Rendam potongan tersebut dalam air selama sekitar satu jam. Saring airnya dan minum, atau gunakan air tersebut untuk mencuci wajah Anda.

Anda juga bisa membuat masker wajah dengan meghancurkan satu buah mentimun. Aplikasikan masker pada wajah Anda dan biarkan kering selama 15 menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat.

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Madu

Madu merupakan sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membantu mencegah infeksi. Benar-benar bahan yang tepat sebagai cara menyembuhkan jerawat paling baik.

Cara Pemakaian:  Celupkan kapas bersih dalam madu, aplikasikan secara langsung pada daerah yang berjerawat dan biarkan kering selama setengah jam. Bilas wajah Anda dengan air suam-suam kuku.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan jerawat yang bisa pilih salah satunya. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.