Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Multivitamin untuk daya tahan tubuh – multivitamin merupakan kombinasi beberapa vitamin berbeda, biasanya tiga atau lebih, yang ditemukan dalam bentuk suplemen, makanan ataupun sumber alami lainnya. Menapa multivitamin diperlukan? Ini dikarenakan vitamin itu sendiri diperlukan oleh tubuh agar bekerja secara normal. Memang yang dibutuhkan adalah dalam jumlah kecil saja namun harus secara teratur. Kekurangan vitamin di dalam tubuh membuat tubuh tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Efeknya? Tentu saja, salah satu adalah kurangnya daya tahan tubuh.

Manfaat Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Apa saja manfaat multivitamin? Berikut beberapa manfaatnya:

Konversi energi

Perlu diketahui bahwa di dalam sel tubuh terdapat inti sel atau disebut mitkondria yang memiliki fungsi sebagai “baterai” tubuh. Fungsinya adalah untuk mengkonversi lemak dan karbohidrat menjadi energi. Proses ini sendiri membutuhkan elektron-elekton dari molekul-molekul oksigen dan kemudian menempatkannya pada sekeliling sel membentuk rantai dengan banyak molekul lainnya. Nah, untuk proses ini, mitokondria memerlukan beragam multivitamin seperti zat besi dan zinc yang berperan menciptakan enzim yang dibutuhkan dalam proses konversi energi ini.

Jika mitokondria tidak mendapatkan cukup multivitamin maka mitokondria bisa melepaskan molekul oksigen radikal ke dalam sel dan akhirnya sel mengalami kerusakan. Salah satu akibatnya adalah penuaan dini. Oleh karena itu, multivitamin untuk daya tahan tubuh seperti ini mutlak diperlukan!

Melawan efek buruk sinar ultraviolet

Khususnya di Indonesia, panas matahari yang menyengat dapat berbahaya bagi kulit dan mata. Oleh karena itu, diperlukan multivitamin yang mengandung vitamin A, C dan Lutein. Vitamin A bermanfaat untuk kulit dan mencegah penuaan dini Sementara itu, vitamin C menghasilkan kolagen yang menjaga kulit tetap dalam keadaan baik. Lutein sendiri bermanfaat menjaga kesehatan mata. Andapun terhindar dari kanker kulit.

Menghadapi paparan polusi

Multivitamin untuk daya tahan tubuh juga membantu Anda menghadapi paparan polusi seperti asap rokok, debu dan polusi lainnya. Paparan polusi ini sendiri menurunkan daya tahan tubuh dan memicu beragam penyakit lainnya seperti kanker paru-paru, penuaan dini (lagi-lagi) dan lainnya. Dengan ragam vitamin, seperti misal vitamin C menjaga daya tahan tubuh Anda tetap prima.

Ya, daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk tetap “bekerja normal” sehingga bisa melawan beragam penyakit.
Siapa saja yang membutuhkan multivitamin? Mereka yang tidak punya pola makan yang seimbang tentu membutuhkan multivitamin dalam bentuk suplemen untuk membantu asupan nutrisi menjadi lengkap. Selain itu, mereka yang sedang sakit juga memerlukan karena pada umumnya orang sakit tidak bisa makan secara normal sehingga kebutuhan gizi kurang terpenuhi. Namun perlu digarisbawahi bahwa suplemen multivitamin bukanlah pengganti nutrisi makanan. Anda harus tetap mengombinasikannya dengan pola makan sehat secara bersamaan agar bekerja optimal!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.