Fungsi Vitamin C

Telah lama diketahui bahwa salah satu fungsi vitamin C adalah mencegah terjadinya sariawan. Sariawan dan bibir pecah-pecah memang terdengar sepele, tapi ketika terkena sariawan kita akan mengalami kesusahan dalam memakan makanan. Rasa perih akan melanda ketika makanan atau minuman masuk ke dalam mulut. Kalau sudah begini, makanan selezat apapun tidak akan terasa lezat, yang ada yang rasa sakit ketika memakannya.

Menjaga kesehatan tubuh juga menjadi fungsi vitamin C ini. Vitamin C memang membuat sistem imun tubuh terjaga. Sehingga tubuh akan siap dan mampu menghadang virus yang datang. Virus-virus ini dapat menyerang tubuh dengan mudah ketika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi lemah. Dengan vitamin C inilah yang nantinya akan menguatkan sistem imun sehingga sistem kekebalan tubuh akan bekerja dengan baik dalam menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Fungsi Vitamin C yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Selain dua fungsi vitamin C di atas, ternyata ada beberapa kegunaan dari asupan vitamin ini. Masih banyak orang yang belum mengetahuinya sehingga untuk memberikan wawasan baru, tema ini akan diulas dengan singkat dan lengkap di bawah ini.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung dewasa ini menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Gejala yang tidak disadari banyak penderitanya membuat banyak orang tidak waspada dengan penyakit ini. Tidak peduli tua ataupun mudah, suka olahraga ataupun tidak, serangan jantung dapat menyerang siapa saja. Vitamin C ternyata dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung. Vitamin C akan menghilangkan kondisi di mana arteri akan menebal. Kondisi ini dikenal dengan istilah arterosklerosis yang akan membuat aliran darah ke jantung tidak stabil.

Menghindari Darah Tinggi

Darah tinggi terjadi akibat dari tekanan darah yang terlalu tinggi. Penyakit ini biasanya bawaan dari keluarga. Darah tinggi juga menjadi penyakit yang tidak bisa dianggap remeh karena dapat membunuh penderitanya kapan saja. Bagi Anda yang merasa memiliki penyakit darah tinggi, mengonsumsi vitamin C secara cukup akan membantu tubuh mengontrol tekanan darahnya. Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin dan dengan dosis yang tepat, akan membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dan membantu menjaga organ jantung dan ginjal dari kerusakan.

Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes juga menjadi penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Efek dari penyakit ini dapat menyerang tubuh secara perlahan. Apalagi jumlah penderitanya semakin tahun semakin bertambah saja, sehingga harus diwaspadai penyakit satu ini. dengan mengonsumsi vitamin C, akan membantu tubuh menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu menghindari tubuh terkena efek buruk dari penyakit diabetes ini.

Itulah beberapa fungsi vitamin C yang banyak orang belum mengetahuinya. Penuhi nutrisi dalam tubuh dengan baik agar tubuh dapat terjaga kesehatannya.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.