Buah Mengandung Vitamin C

Buah mengandung vitamin C yang paling tinggi? Tahukah Anda mengapa kita butuh asupan vitamin C yang sangat tinggi pada tubuh? Ini karena vitamin C mudah rusak dan cepat menurun di dalam tubuh. Namun, sebelum membahas buah mengandung vitamin C, mari kita kulik sedikit manfaat vitamin C bagi tubuh dan kesehatan:

  • Mengontrol tekanan darah
  • Menurunkan risiko serangan jantung
  • Meminalisir risiko asma
  • Melawan sel kanker dan mengurangi efek kemoterapi
  • Meminimalisir penyakit diabetes
  • Mengurangi kram sesudah olaharaga
  • Menjaga kesehatan kulit.

Nah, melihat beragam manfaat vitamin C bagi tubuh maka menjaga kadar vitamin C dalam tubuh sangat penting! Salah satunya adalah dari buah mengandung vitamin C.

Buah Mengandung Vitamin C

Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin C dengan kadar sangat tinggi:

Jambu merah

Jambu merah adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C paling tinggi yakni 228,3mg per 100 gram buahnya (atau sekitar 4 butir jambu merah). Anda bisa mengonsumsi jambu merah begitu saja ataupun dijus namun tentunya tanpa gula / pemanis buatan.

Stroberi

Buah berwarna merah ini punya kandungan 58,8mg di setiap 100 gram buahnya, atau setara dengan 5 buah stroberi ukuran besar.

Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C sekitar 92,7mg – 161,3 mg di setiap 100gr buahnya. Anda bisa mengonsumsi 1 atau 2 buah kiwi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

Nanas

Buah yang memiliki mahkota ini dikenal dengan rasa asam manis segar, mengandung vitamin C sebanyak 47,8mg di setiap gramnya. Jumlah ini sekitar satu cangkir nanas potong.

Pepaya

Rasa pepaya hampir tidak ada asamnya, namun ternyata buah pepaya mengandung vitamin C. Dalam satu buah pepaya berukuran kecil terdapat 95,6 mg vitamin C.

Jeruk

Tentu saja, buah jeruk selalu masuk daftar buah mengandung vitamin C paling tinggi. Buah ini memiliki kandungan 53,2 vitamin C di setiap 100 gram buahnya. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan konsumsi satu atau dua buah jeruk.

Sebenarnya berapa kebutuhan vitamin C di dalam tubuh setiap harinya? Jumlahnya adalah sekitar 75 mg sampai dengan 500 mg. Selain dari buah, metode mutakhir yang bisa Anda coba untuk memenuhi kebutuhan vitamin C adalah lewat INFUS intravena vitamin C. Caranya adalah dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh lewat pembuluh darah vena, dengan cara infus, bukan suntik. Cara ini juga sangat dianjurkan karena kadar vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tidak berkurang. Selain itu, metode ini juga sangat aman. Selamat mencoba dan menjalani hidup sehat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.