Tips dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Hampir semua orang pastinya menginginkan kulit yang bersih dan sehat selalu. Masalah kulit yang bisa menghilangkan kepercayaan diri ternyata bukan jerawat saja. Banyak pula yang mengeluhkan kehadiran flek hitam yang tidak diundang.

Namun sebelumnya, apasih penyebab dari flek hitam? Selain karena usia, flek hitam juga dikarenakan paparan sinar matahari yang berlebih dan karena pemakaian kosmetik yang memakai bahan kimia berbahaya didalamnya. Jerawat yang meninggalkan bekas juga salah satu penyebab dari flek hitam.

Bila ingin segera bebas dari masalah kulit yang satu ini, yuk cek tips dan cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini!

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Kebiasaan Baik

Pada dasarnya, flek hitam di wajah Anda bisa hilang hanya dengan sedikit merubah kebiasaan Anda. Berikut ini adalah tipsnya:

Jangan terlalu lama berada di bawah sinar ultraviolet, terutama jika sudah melewati jam 9 pagi. Anda bisa menggunakan krim tabir surya dengan spf 15. Untuk Anda yang lebih sering beraktifitas diluar ruangan, lebih baik gunakan krim tabir surya spf 30. Bila memungkinkan, Anda bisa memakai topi atau payung ketika diharuskan keluar ruangan diantara pukul 09:00-15:00.
Bantu proses regenerasi kulit dengan menggunakan krim malam sebelum tidur.
Hindari membeli produk pemutih wajah sembarangan. Jangan cepat tergoda dengan berbagai rayuan, karena itu bisa saja hanya akam memperparah flek hitam pada wajah Anda.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Masker Alami

Bila Anda lebih senang dengan sesuatu yang bersifat alami, sebaiknya cobalah cara menghilangkan flek hitam di wajah yang satu ini. Hasil yang didapatkan mungkin tidak bisa terlihat segera, namun tentu akan lebih aman dan murah. Berikut ini adalah tipsnya:

Pembersih Wajah dari Teh: Cara membuat masker yang satu ini sangatlah mudah. Seduh teh dalam air hangat dan biarkan selama semalaman. Pakai air rendaman teh ini untuk membasuh wajah Anda dipagi hari. Setelah terasa mengering dan menyerap sempurna, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat.
Masker Mentimun dan Bengkuang: Ini merupakan salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang paling efektif. Sudah sekian lama bengkuang digunakan untuk menambah kecerahan pada wajah. Buat masker dari bengkuang dan mentimun yang diblender. Aplikasikan secara merata pada wajah Anda yang sudah dibersihkan. Setelah 10-15 menit, bilas dengan air hangat.
Masker Tomat: Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan kolagennya yang mampu merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru. Flek hitam Anda bisa tertupi dengan sel kulit yang baru sehingga cepat menghilang. Buat masker dari tomat yang sudah dihaluskan. Gunakan pada wajah Anda dan biarkan 15-20 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat.
Masker Madu: Anda mungkin mengenal rasa manis dari madu. Namun bahan alami yang satu ini punya banyak sekali manfaat untuk perawatan kulit wajah. Karena memiliki sifat penyembuh, Anda bisa menggunakan madu untuk menyembuhkan kulit yang menghitam dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hangatkan madu, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Awalnya memang terasa lengket, untuk itu ikatlah rambut Anda sebelum memakai masker ini.

Itulah dia sedikit informasi mengenai tips dan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang patut Anda terapkan dirumah. Semoga berhasil!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.