Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat

Manfaat daun sirih untuk jerawat – menghilangkan jerawat bisa dikatakan “susah-susah gampang”. Ada jerawat yang muncul dan langsung bisa hilang namun ada juga jerawat yang membandel. Jerawat yang membandel ini meski sudah menggunakan obat jerawat masih saja tidak hilang. Lalu, bagaimana?

Tahukah Anda bahwa ada bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat secara efektif tanpa bekas? Ya, manfaat daun sirih untuk jerawat! Mengapa daun sirih? Karena daun sirih terbukti ampuh menhulangkan jerawat. Selain itu, tentu saja daun sirih lebih alami ketimbang obat-obat jerawat yan menggunakan bahan kimia.

Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat

Jerawat biasanya terbentuk karena ada iritasi pada kulit yang disebabkan oleh sumbatan pori-pori wajah. Tetapi karena tubuh memiliki sistem pertahanan diri sendiri maka dalam waktu sekitar 3-4 hari sebenarnya jerawat bisa hilang dengan sendirinya. Namun perlu diketahui, jerawat akan hilang dngan sendirinya apabila keadaan kulit kita memang mendukung – terpenuhi nutrisinya, dengan begitu bisa membantu proses penyembuhan dan regenerasi. Jika kulit tidak terpenuhi nutrisinya maka inilah yang membuat kulit teriritasi dan jerawat semakin parah serta bahkan menyebabkan bekas jerawat.

Inilah yang menjadi manfaat daun sirih untuk jerawat. Banyak dari kita pasti sudah mengetahui bahwa daun sirih memiliki kandungan anti-septik yang bermanfaat untuk membunuh bakteri dan kumat jahat. Kita bisa perhatikan banyak produk kosmetik dan perawatan wajah digadang menggunakan bahan daun sirih. Nah, mengapa tidak langsung menggunakan daun sirih yang alaminya secara langsung? Mari perhatikan caranya.

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Jerawat :

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan kemudian basuh dengan air. Bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih khusus wajah yang berguna menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada wajah.
  2. Sediakan 10 helai daun sirih, rebus dalam air sebanyak 250 ml atau sekitar 1 gelas sampai mendidih. Perhatikan apakah daun telah mulai layu dan air sudah jadi kecokelatan, itu tandanya air sudah siap untuk digunakan.
  3. Tunggu air rebusan tersebut menjadi hangat suam-suam kuku, tidak panas dan tidak terlalu dingin. Air rebusan ini berguna untuk membuka pori-pori wajah.
  4. Ambil handuk bersih dan kompres menggunakan air rebusan tadi pada wajah hingga dingin. Atau, Anda bisa jga menggunakan daun yang masih hangat untuk ditempelkan pada wajah.
  5. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali setiap malam seusai Anda beraktivitas.
    Selesai menggunakan handuk dingin atau daun sirih, pakai handuk kering bersih untuk mengeringkan dan membersihkan wajah.

Tidak sulit untuk memanfaatkan daun sirih pada wajah yang berjerawat, bukan? Anda hanya perlu merebusnya saja. Lakukan secara rutin dan lihat apa manfaat daun sirih untuk jerawat dalam waktu 3-5 hari.


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.