Cara Merawat Wajah Berjerawat

Cara merawat wajah berjerawat – hampir semua orang pasti pernah punya jerawat namun kalau disebut wajahnya mudah berjerawat tentu tidak semua. Jerawat yang tidak ditangani dengan baik ini bisa memperparah dan bahkan meninggalkan bekas jerawat. Hal ini tentunya membuat kecantikan wajah jadi sedikit berkurang, bisa menjadi banyak berkurang – apabila wajah benar-benar berjerawat terus-menerus! Khususnya Anda yang memiliki tipe wajah berjerawat tentu tidak mudah untuk mencegah dan menghalau jerawat-jerawat membandel ini, bukan?

Namun apa yang disebutkan di paragraf sebelumnya, bukan berarti Anda tidak bisa merawat wajah yang cenderung berjerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Ada caranya! Perhatikan apa yang Anda gunakan pada wajah Anda, ini adalah salah satu syaratnya. Apa saja itu?

Cara Merawat Wajah Berjerawat

Gunakan pelembap

Ada sebagian orang yang salah kaprah menyatakan bahwa mereka yang punya wajah berjerawat tidak membutuhkan pelembap karena katanya bisa membuat wajah semakin berminyak. Namun tahukah Anda bahwa justru pelembap dibutuhkan untuk melindungi wajah dari polusi dan radiasi. Sementara itu, polusi dan radiasi sendiri adalah faktor pemicu yang menyebabkan jerawat. Tetapi perlu diperhatikan adalah pilih pelembap yang sudah teruji klinis dan memiliki label “non-comedogenic” yang memiliki kandungan glycern dan hyaluronic acid. Jadi, jangan memilih pelembap yang mengandung mineral oil ataupun cocoa butter yang malah membuat kulit semakin berminyak.

Bersihkan Wajah

Wajah berjerawat mesti secara teratur dibersihkan namun tidak perlu sering, cukup ketika pagi hari dan sore sehabis bekerja atau malah hari. Anda bisa menggunakan make-up remover / pembersih wajah, sabun pencuci muka dan juga toner. Namun, Anda bisa pilih produk yang mengandung emollients atau glycerin yang akan tetap menjaga kelembapan kulit. Setelah membersihkan wajah menggunakan air, cukup tepuk-tepuk handuk pada wajah dan tidak menggosoknya secara kasar. Pastikan pula keadaan handuk ataupun tissue memang bersih.

Gunakan Masker dan Scrub

Masker bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat dan juga mengencangkan kulit. Sementara itu, scrub befungsi untuk menghilangkan kotoran yang tidak mudah diangkat oleh sabun pencuci muka biasa. Namun khususnya scrub memang tidak begitu memberi efek luar biasa mengatasi jerawat, malah bisa menyebabkan iritasi jika sering. Oleh karena itu, tidak perlu menggunakan sering-sering.

Make-up yang tepat

Harus diakui bahwa tanpa make-up, wajah wanita akan terlihat pucat – apalagi jika Anda akan bertemu orang-orang. Namun, make up bisa juga membuat wajah berjerawat semakin parah. Tetapi bukan berarti tidak ada cara: Pilih make up yang sesuai dengan keadaan kulit Anda. Anda bisa memilih makeup yang berbahan dasar air dan tidak bertekstur cream yang berminyak.

Semoga cara merawat wajah berjerawat yang dipaparkan di artikel kali ini membantu Anda. Wajah yang cenderung berjerawat bukan berarti Anda harus anti terhadap berbagai produk perawatan!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.