Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Akibat Penuaan Dini Secara Alami

Ada waktunya dimana setiap orang akan mengalami yang namanya masalah kerutan pada wajah, tangan, leher, dan bagian lain dari tubuh. Kondisi tersebut mungkin terjadi saat Anda sudah memasuki umur lanjut. Namun, bagaimana kalau ternyata kerutan terjadi pada saat yang tidak tepat, atau datang terlalu cepat? Hal ini disebut dengan penuaan dini yang banyak terjadi oleh banyak orang di jaman modern ini. Cari tau cara menghilangkan kerutan di wajah yang cepat dan alami disini!

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Melalui Pola Makan

Kerutan memang terlihat pada bagian luar tubuh Anda, namun kebanyakan penyebabnya berasal dari dalam tubuh. Untuk menjaga kulit senantiasa kencang dan mulus, Anda harus memanjakan tubuh Anda dengan makan makanan yang bernutrisi. Tujuannya adalah untuk merangsang pembentukan kolagen yang memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas kulit Anda. Berikut ini adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda dapatkan dari makanan:

Minum banyak air – Air memang bukan makanan, namun bisa dimasukkan kedalam kategori ini. Air adalah salah satu kebutuhan dasar tubuh yang cenderung sering diabaikan. Minum air tidak hanya membuat Anda terjauhi dari keriput, namun juga akan membuat Anda sehat secara umum. Ingat, salah satu penyebab keriput adalah hilangnya kelembaban! Jadi, minum banyak air adalah solusinya. Dalam keadaan normal, usahakan untuk minum setidaknya 6-8 gelas air. Jika Anda harus mengerjakan pekerjaan yang berat seperti ke gym atau bekerja, usahakan untuk meminum lebih banyak dari ukuran normal tersebut.
Makanan untuk memerangi keriput – Mereka yang mengalami masalah dalam menghadapi keriput perlu sekali makan makanan yang kaya akan omega-3, antioksidan, protein, vitamin, dan mineral. Makanan yang dimaksud diantaranya adalah: Buah dan sayuran yang berwarna gelap, telur, minyak ikan (tuna, sarden, haring, atau salmon), kacang-kacangan (kenari dan almond), kerang, teh hijau dan teh putih, makanan dari kacang kedelai, serta biji-bijian (nasi merah dan gandum).

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Melalui Gaya Hidup

Keriput banyak sekali disebabkan oleh polusi, stres, asap rokok, dan lainnya. Mungkin ini adalah tandanya untuk Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut ini adalah sedikit menjelasan seputar cara menghilangkan kerutan di wajah lewat perubahan gaya hidup:

Hindari rokok – Radikal bebas paling banyak berasal dari rokok. Efek buruk dari radikal bebas tentu saja adalah melemahkan dan membunuh sel-sel dalam tubuh sehingga produksi kolagen tersendat. Sebisa mungkin jauhi asap rokok, meskipun Anda bukan perokok.
Jangan stres – Kedengarannya mungkin mudah, namun Anda harus benar-benar menjauhi diri Anda dari stres yang menjadi penyebab timbulnya kerutan halus di wajah. Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda rileks, seperti: mendengarkan musik, melakukan hobi yang Anda minati, latihan yoga, berenang, meditasi, curhat dengan keluarga atau teman, memelihara binatang, dan masih banyak lagi.
Tidur yang cukup – Saat Anda tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan dengan pesat (Human Growth Hormone). Hormon ini ikut mempengaruhi kesehatan sel-sel kulit Anda. Dapatkan tidur yang cukup dengan waktu yang benar untuk meningkatkan produksi hormon tersebut.
Lindungi kulit – Setelah merawat tubuh dari dalam, kini saatnya perlindungan dari luar yang Anda tekankan. Cobalah untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung dengan selalu menggunakan tabir surya atau aksesoris seperti payung dan topi lebar.

Itulah sedikit bahasan seputar cara menghilangkan kerutan di wajah yang benar-benar untuk Anda terapkan sendiri. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.