Bahan-Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh dan bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam memerangi infeksi dan penyakit. Oleh karena itu penting untuk mengobati masalah pigmentasi kulit dengan hati-hati demi mencegah kerusakan lapisan kulit dan membuat masalah menjadi lebih buruk.

Kulit gelap dan kusam bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi lingkungan, kondisi medis, kulit kering, stres, pilihan gaya hidup yang buruk, dan penggunaan jangka panjang dari produk kosmetik berbasis kimia.

Banyak orang bekerja keras untuk mencapai kulit yang cantik dan sempurna. Pasar dan supermarket dibanjiri dengan krim pemutih kulit dan lotion yang semakin digandrungi pembeli. Tapi produk tersebut memiliki bahan kimia berbahaya yang pada akhirnya dapat merusak kulit Anda. Sayangnya seringkali produk yang mahal pun juga.

Bahan tradisional sintetis seperti hydroquinine dan merkuri telah menjadi bahan utama yang digunakan dalam produk pemutih kulit. Keduanya adalah bahan pemutih kulit yang bekerja dengan menghambat produksi melanin (pigmentasi kulit gelap) dalam jangka waktu yang pendek. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam jangka panjang bahan-bahan ini dapat menjadi racun. Bila digunakan untuk jangka waktu yang lama, keduanya akan bekerja secara terbalik, yakni dengan bereaksi dengan sinar matahari dan menyebabkan peningkatan pigmentasi. Hal ini akan berujung pada penuaan dini dan kulit rusak.

Bahan-Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Wajah

Anda dapat menyimpan waktu dan uang dengan menggunakan pengobatan alami yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Jeruk

Zat yang paling penting dalam mencerahkan kulit wajah adalah vitamin C yang bisa Anda dapatkan dari buah jeruk. Ditambah lagi, jeruk memiliki sifat pemutih yang dapat meringankan warna kulit Anda.

Menurut banyak penilitian, konsumsi rutin jus jeruk segar dapat meningkatkan kelenturan kulit. Untuk mencerahkan kulit wajah Anda, jeruk dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda.

Buatlah pasta dengan mencampurkan dua sendok makan jus jeruk dengan sejumput bubuk kunyit. Oleskan pasta pada wajah dan leher sebelum tidur. Anda juga dapat mengaplikasikannya pada tangan dan kaki. Bersihkan keesokan harinya. Lakukan ini setiap hari.
Haluskan kulit jeruk kering hingga menjadi bubuk. Campurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk dengan satu sendok makan yogurt plain hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air. Ini akan membantu meringankan bintik-bintik bekas jerawat pada wajah Anda. Lakukan ini seminggu sekali atau dua kali.

Yogurt

Yogurt adalah produk sampingan dari susu. Yogurt memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk kulit. Produk satu ini mengandung asam laktat yang berguna untuk mencerahkan kulit wajah. Bahan natural berikut ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Beginilah cara memakainya:

Gosok-gosokkan yogurt plain ke kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan ini sekali dalam sehari selama beberapa minggu untuk melihat perubahan yang signifikan pada kulit wajah Anda.
Campur satu sendok makan yogurt segar dengan setengah sendok makan madu. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air. Lakukan setiap hari ini untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Cobalah cara-cara alami untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Tapi, dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk mencapai kulit wajah yang cantik seperti yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.