5 Cara Tepat Merawat Wajah Berjerawat yang Membandel

Kulit berjerawat sangat sulit untuk ditangani. Anda mungkin sudah tahu bagaimana rasanya berurusan dengan masalah jerawat yang mengerikan. Anda merasa seperti tidak ingin pergi keluar atau tidak ingin terlihat oleh orang lain. Bahkan mungkin Anda sudah mencoba setiap obat namun tak kunjung mendapatkan hasil.

Mungkin terkadang Anda berpikir jika kulit berjerawat Anda tidak mungkin untuk ditangani. Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit yang umum terjadi pada remaja ini.

5 Cara Tepat Merawat Wajah Berjerawat yang Membandel

Perawatan kulit yang baik memainkan peran penting dalam mengobati dan merawat jerawat. Ini dia cara-cara untuk mengatasi dan merawat wajah berjerawat yang bisa Anda lakukan:

Cara 1: Perawatan Wajah Sehari-hari

Awali dengan perawatan wajah yang ringan, seperti yang Anda lakukan sehari-hari. Kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori merupakan awal dari jerawat. Sebisa mungkin untuk membersihkan wajah Anda setiap pagi, setelah bepergian, dan malam hari. Apabila Anda memakai make-up, sebaiknya bersihkan make-up terlebih dulu sebelum mencuci muka. Langkah selanjutnya adalah memakai pelembab yang cocok bagi kulit berjerawat.

Cara 2: Perawatan Wajah Khusus

Untuk merawat wajah berjerawat, Anda perlu melakukan perawatan khusus. Perawatan disini bisa dimaksud dengan pemakaian masker, peeling, dan lainnya. Namun belakangan ini, dokter mengatakan jika wajah berjerawat tidak boleh melakukan perawatan. Benarkah? Benar sekali. Perawatan yang tidak boleh dilakukan adalah facial massage. Ini dikarenakan pemijatan yang dilakukan saat facial dapat menyebabkan jerawat semakin meradang bila tidak dilakukan dengan prosedur yang benar.

Daripada pergi ke salon, sebaiknya lakukan perawatan di rumah saja. Gunakan masker alami yang dibuat dari bahan-bahan yang bisa Anda temukan disekitar Anda. Wajah berjerawat cocok sekali dengan masker mentimun atau masker madu. Anda bisa menambahkan sedikit gula untuk digunakan sebagai scrub wajah alami.

Cara 3: Pilih-Pilih Kosmetik

Memilih kosmetik dan produk pembasmi jerawat yang tepat adalah langkah Anda selanjutnya. Pilihlah yang berbahan dasar air. Hal ini dikarenakan kosmetik berbahan dasar minyak bisa menyumpal pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. Pilih pula yang berlabel oil control dan comedogenic. Hal ini dikarenakan produk tersebut mampu mengendalikan produksi minyak yang berlebih dan menghindarkan dari komedo. Jadi, jangan sembarangan mencoba-coba produk yang Anda tidak tau bagaimana kandungannya ya.

Cara 4: Menjaga Pola Makan

“Anda adalah apa yang Anda makan”, rasanya pepatah ini ada benarnya juga. Cara merawat wajah berjerawat Anda yang selanjunya adalah dengan memperhatikan pola makan dan menu makanan Anda. Salah satu faktor resiko dari jerawat adalah makanan. Makanan yang berminyak, terlampau pedas, dan junk food dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah Anda. Mulailah memasukan sederet nama buah-buahan dan sayuran ke daftar makanan Anda.

Cara 5: Mengunjungi Dokter

Bila jerawat Anda sudah terlanjur parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit ataupun dokter kecantikan. Merawat wajah berjerawat dengan bantuan tenaga medis bisa membuat Anda menemukan cara cepat dan aman. Hingga saat ini, jerawat bisa disembuhkan, apalagi dengan bantuan tenaga medis. Sayangnya, biaya yang dikeluarkan pun tentunya tidak sedikit.

Demikianlah langkah-langkah dalam merawat wajah berjerawat yang mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Ingatlah jika tidak ada satu penyakitpun yang tidak dapat disembuhkan. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.