Apa Saja Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa?

Mimisan pada anak-anak merupakan peristiwa yang wajar, mengingat selaput dalam hidung anak-anak masih sangat tipis dan rapuh. Perubahan suhu dan trauma fisik sedikit saja bisa membuat pembuluh darah dalam hidung anak-anak pecah dan mengalami pendarahan. Namun ketika mimisan terjadi pada orang dewasa yang tentu saja sudah sepenuhnya tumbuh dan memiliki pertahanan lebih bagus, tentu Anda harus bersikap waspada. Bisa jadi mimisan yang Anda alami merupakan salah satu tanda penyakit berbahaya.

Cari tau informasi selengkapnya seputar penyebab mimisan pada orang dewasa berikut ini!

Septum Menyimpang

Salah satu penyebab mimisan pada orang dewasa adalah terjadi penyimpangan pada septum hidung (dinding tipis pemisah antara rongga hidung). Dalam keadaan normal, kedua rongga hidung memiliki ukuran ruang yang sama. Kondisi dimana salah satu rongga hidung lebih kecil karena septum hidung miring ke salah satu sisi disebut dengan septum menyimpang. Kelainan ini bisa terjadi karena cedera hidung atau bawaan sejak lahir. Selain menyebabkan mimisan, septum menyimpang juga menyebabkan sesak napas dan infeksi sinus.

Fraktur Nasal

Hidung manusia terdiri dari tulang keras dan tulang rawan yang cenderung mudah rusak. Ketika terjadi trauma fisik pada tulang rawan, maka akan menyebabkan mimisan. Trauma fisik yang terjadi dapat berupa benturan dari benda tumpul, cedera dari kecelakaan atau olahraga. Tulang rawan yang rusak akan menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Trauma fisik kecil sekalipun bisa merusak pembuluh darah halus yang terdapat pada jaringan di dalam hidung. Contohnya saja mengorek bagian dalam hidung dengan kuku yang tajam atau menghembuskan napas terlalu kencang.

Efek Sampang Obat-Obatan

Penyebab mimisan pada orang dewasa lainnya adalah karena efek samping dari obat-obatan pengencer darah. Pada dasarnya, obat ini ditujukan untuk mereka yang mengalami masalah pada gumpalan darah yang menahan suplai darah ke jantung. Bila Anda sedang dalam pengonsumsian obat-obatan seperti ini, mungkin saja jika mimisan Anda disebabkan oleh efek sampingnya.

Gejala Penyakit von Willebrand

Ketika terjadi pendarahan karena luka, protein dalam darah mampu menghentikan pendarahan dengan cara membeku (faktor koagulasi). Darah tidak dapat membeku bilamana protein ini tidak cukup atau tidak ada. Akibatnya adalah pendarahan menjadi abnormal dan berlebihan. Kondisi ini memiliki nama yaitu von Willebrand. Penderitanya cenderung mengalami luka memar, pendarahan pada gusi, dan darah yang keluar dalam fase menstruasi akan berlebihan. Ini juga menjadi alasan mengapa penyakit von Willebrand seringkali ditemukan sebagai penyebab mimisan pada orang dewasa di beberapa kasus. Meski tidak dapat disembuhkan, tapi penyakit ini dapat dikontrol dengan menggunakan obat-obatan khusus.

Selain penyakit ini, mimisan juga bisa menjadi gejala penyakit lainnya. Diantaranya adalah leukimia dan tumor otak.

Infeksi Pernapasan

Terjadinya masalah pada pernapasan seperti sinusitis juga dapat menjadi penyebab mimisan pada orang dewasa. Ini diakibatkan selaput hidung yang teriritasi dan mudah mengalami pendarahan. Pemakaian dekongestan nasal juga seringkali memicu mimisan pada sebagian orang dewasa yang memiliki masalah infeksi sinusitis.

Cara paling mudah untuk menangani keluarnya darah dari hidung tentulah dengan mengetahui dengan pasti penyebab mimisan pada orang dewasa. Bila mimisan disertai dengan rasa sakit kepala, pucat, dan tidak berhenti setelah ditekan selama 30 menit, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Semoga bermanfaat!


Artikel Lain untuk Anda:

Informasi ini disediakan oleh DokterKamu untuk Anda.